Kemenag BS Laksanakan Manasik Haji Tingkat Kabupaten

Kemenag BS Laksanakan Manasik Haji Tingkat Kabupaten

Bengkulu Selatan (Inmas), Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Selatan mengadakan Manasik Haji Tingkat Kabupaten (Kamis, 5/7). Sebanyak 130 orang Jamaah Calon Haji (JCH) akan menerima materi selama 2 hari. Kegiatan dilaksanakan di Aula Kemenag BS dan membuka acara secara langsung adalah Kepala Kanwil Kemenag Bengkulu yang diwakili oleh Ka.Bag TU Yasaroh Maksum.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut para undangan dan pemateri antara lain Asisten 1 Pemda BS Yunizar Hasan mewakili Bupati BS, Kabag Kesra Amir Sofyan, Ketua MUI dan IPHI Ali Nundiha, Perwakilan dari Polres Bengkulu Selatan, Petugas Pendamping JCH yang terdiri dari Petugas Kesehatan (TKHI) yang terdiri dari 3 orang petugas yaitu 1 orang Dokter (Dr.Wulan) dan 2 orang perawat (Uci Lusiana dan Erwin Santoni Jusa). Sedangkan yang bertugas TPHI yang sekaligus Ketua Kloter 8 yaitu Midi Saherman dan Pembimbing Ibadah TPIHI yaitu Suryono.

Dalam pembukaan ini seluruh Petugas Haji sengaja dihadirkan, selain sebagai perkenalan kepada JCH juga Kepala Kemenag BS menitipkan pesan kepada Petugas agar dapat melayani JCH BS dengan sepenuh hati, disampaikan Arsan bahwa sebagai petugas memang berat namun bernilai ibadah.

Kepada TPHD Arsan juga berpesan untuk melaksanakan tugas pendampingan dengan maksimal kepada JCH. Selain Petugas Haji dan TPHD, peran penting tentu tak dapat lepas dari peran aktif ketua Regu dan Ketua Rombongan. Keberhasilan pelaksanaan ibadah haji ini juga sangat bergantung kepada Karu dan Karom serta Ketua Kloter. 

Mewakili Pemerintah Daerah Yunizar Hasan juga telah menyatakan kesiapan Pemda dalam pemberangkatan dan pemulangan tahun ini yaitu berupa trasportasi dan akomodasi, termasuk pula untuk trsaportasi barang (koper)  baik keberangkatan maupun pemulangan nanti. Disampaikan pula oleh Yunizar bahwa Pemda akan melepas secara resmi JCH BS yang sekaligus nantinya akan diberikan insentif Rp.500 ribu bagi setiap JCH. 

Senada dengan apa yang disampaikan oleh Ka.Kan Kemenag BS dan Pemda dalam sambutannya Yasaroh Maksum mewakili Ka.Kanwil Bustasar menyatakan siap menerima JCH siap menerima JCH di Embarkasi Antara mulai malam hari tanggal 24 Juli dengan catatan Konsumsi pada malam tersebut belum ditanggung oleh pihak Embarkasi.

Selanjutnya nanti di Embarkadi Antara JCH BS akan bergabung dengan JCH asal Kabupaten Rejang Lebong 235, Kota Bengkulu 21, Kaur 1, Kepahiang 1 yang tergabung dalam Kloter 8 Padang. (Dina) 

Bagikan :
Lihat Lainya dalam Kategori : Haji dan Umroh
Alamat Kantor
  • Kementerian Agama
  • Kantor Wilayah Bengkulu
  • Jl. Jenderal Basuki Rahmat No. 10 Bengkulu 38221
  • Telp. (0736) 21097 21597 344602 28123
  • Fax. (0736) 21597
  • http://bengkulu.kemenag.go.id
  • Email: kanwilbengkulu@kemenag.go.id
Facebook Pages
Twitter