Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Buka Manasik CJH Kabupaten Lebong

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Buka Manasik CJH Kabupaten Lebong

Lebong (Inmas), Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Bengkulu Bustasar MS melalui Kabid Haji dan Umroh Kantor Kemenag Provinsi Bengkulu Ramlan membuka Manasik Calon Jemaah Haji Kabupaten Lebong  di aula Kantor Kemenag Lebong pada Senin (25/06).

Pembukaan manasik haji diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran dilanjutkan dengan penyampaian laporan ketua panitia yang dalam hal ini di sampaikan oleh Kasubag TU Kantor Kemenag Lebong Olik Nurholik.

Dalam laporannya menyampaikan kegiatan manasik CJH Kabupaten Lebong diikuti  93  peserta yang merupakan calon jemah haji yang akan melaksanakan haji tahun 1349H/2018 M dengan tujuan memberikan wawasan dan pengetahuan tentang pelaksanaan ibadah Haji bagi CJH sehingga menjadi CJH yang mandiri yang tidak tergantung terhadap orang lain demi kelancaran ibadah jemaah haji itu sendiri.

Sementara itu dalam sambutannya Kakanwil Kemenag Prov. Bengkulu yang dalam hal ini disampaikan oleh Kabid Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Prov. Bengkulu Ramlan mengatakan kepada semua CJH untuk mempersiapkan lahir dan batin dalam pelaksanaan Ibadah haji mendatang.

“Dalam pelaksanaan ibadah haji ada petugas yang menyertai jemaah yang disebut kloter dan ada petugas yang tidak menyertai jemaah atau non kloter dimana petugas kloter yang terdiri dari Tim Pembimbing Ibadah Haji (TPIHI), Tim Pemandu haji Indonesia (TPHI) dan Tim Petugas Kesehatan Haji  Indonesia (TPKHI). Segala persoalan para ibu bapak CJH Kabupaten Lebong saat melaksanakan ibadah haji nanti yang bertanggung jawab mereka semua yaitu Ketua Kloter, TPIHI dan TPH,” kata Ramlan

Pada kesempatan itu juga Ramlan menyampaikan nama-nama petugas Haji yang akan menyertai Jemaah haji Provinsi Bengkulu baik Ketua Kloter, TPIH, TPIHI, maupun TPKHI yang pada kesempatan itu menghadiri manasik Haji Kemenag Lebong. (Bibin)

Bagikan :