Ka. Kankemenag Lebong Sampaikan Hikmah Puasa

Ka. Kankemenag Lebong Sampaikan Hikmah Puasa

Lebong (Inmas), Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong Hamdani menyampaikan siraman rohani  usai salat Dzuhur berjamaah di mushola Kantor Kemenag Lebong pada Senin (21/05).

Kegiatan kultum Ramadan ini dihadiri seluruh jemaah mushola Kantor Kemenag Lebong baik ASN Kemenag Lebong maupun pegawai kantor yang ada di lingkungan komplek perkantoran Pemda Lebong yang pada kesempatan itu berjamaah salat dzuhur di mushola Kantor Kemenag Lebong.

Dalam siraman rohaninya Hamdani menyampaikan hakekat ibadah puasa yang bertujuan untuk mencapai deraajta takwa sebagai mana di sareatkan dalam Alquran. Seorang muslim akan melatih dirinya selama sebulan penuh untuk menjauhi segala larangannya bahkan yang halal di bulan lain pun maka akan haram baginya pada bulan ramadan tersebut seperti makan dan minum di siang hari. 

“Dan di antara bentuk takwa adalah seseorang merasa selalu di awasi oleh Allah SWT padahal dirinya mempunyai kekuasan untuk melakukan hal itu,” kata Ka. Kemenag Lebong

Selai itu ia juga mengatakan ibadah puasa bukan hanya menahan haus dan lapar saja pada siang hari tetapi yang paling utama adalah agar seseorang muslim supaya mampu menata emosionalnya.

“Tak ada gunanya haus dan lapar seharian jika hati kita dan anggota badah kita tidak di ajak puasa juga,” ujarnya

Selain itu beliau juga mengajak kepada semua jemaah untuk memperbanyak istigfar saat bulan Ramadan ini serta mengerjakan amalan-amalan sunnah dalam berpuasa sesuai yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. (Bibin)

Bagikan :