Ka.Kemenag Kota Bengkulu Dampingi Ka.Kanwil Rukyatul Hilal

Ka.Kemenag Kota Bengkulu Dampingi Ka.Kanwil Rukyatul Hilal

Kota Bengkulu (Inmas)- Setiap tahunnya menjelang Bulan Suci Ramadhan selalu dilaksanakan proses Rukyatul Hilal. Untuk menetukan awal bulan Suci Ramadhan.

    Seperti pada hari Selasa tanggal 15 Mei 2018, untuk mengetahui awal bulan Ramadhan 1439 H/2018 M, menjelang waktu Maghrib Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu melalui Bidang Urusan Agama Islam telah melaksanakan kegiatan Rukyatul Hilal. Bertempat di Mess Pemda Provinsi Bengkulu.

    Dalam Rukyatul Hilal ini digunakan 3 alat bantu, terdiri dari 3 teropong sebagai media pengamatan, 2 teropong dari Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu dan 1 dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kepahiang.

    Rukyatul Hilal ini dihadiri oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Drs. H. Bustasar MS, M.Pd. didampingi Kepala Bidang Urusan Agama Islam Kanwil Kemenag Prov. Bengkulu, Drs. H. Ramedlon, M.Pd., Kepala Kantor Kemenag Kota Bengkulu, Dr. H. Mukhlisuddin, SH.MA. dan diikuti olehPlt. Gubernur Bengkulu, Sekda, Kepala Biro Kesra dan Pemerintahan Prov. Bengkulu, Pejabat Eselon III dan IV di Lingkungan Kanwil Kemenag Prov. Bengkulu, Kepala Kantor Kemenag Bengkulu Tengah, Ketua PTA Bengkulu, Ketua PA Kota Bengkulu, Kepala BMKG Kepahiang, Ketua MUI Bengkulu, Ketua Pengurus Wilayah Muhammadiyah dan NU Provinsi Bengkulu, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat Bengkulu.

    Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Drs. H. Bustasar MS, M.Pd. saat kegiatan berlangsung mengungkapkan bahwa posisi hilal hari ini 0 derajat 7 menit 29,07.00 detik. Hilal tak tampak karena tertutup awan di lokasi pengamatan. merujuk pada posisi hilal tersebut tahun ini insya Allah tidak ada perbedaan dalam mengawali bulan Ramadhan tahun 1439 H di Indonesia.

    Sejalan dengan itu, sesuai Konferensi Pers Menteri Agama, Lukman hakim Saifudin, bahwa dari pengamatan posisi Hilal. Maka, 1 Ramadhan 1439 Hijriyah bertepatan dengan hari Kamis tanggal 17 Mei 2018.

    Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kota Bengkulu, Dr. H. Mukhlisudin, SH.MA. menyampaikan rasa syukurnya bahwa kita masih diberi kesempatan bertemu Bulan Ramadhan 1439 H. Alhamdulilah, tahun ini tidak ada perbedaan awal Ramadhan di Indonesia. Mari kita isi Ramadhan dengan kegiatan yang bermanfaat dengan memperbanyak ibadah. Mendekatkan diri kepada Allah SWT. (popi)


Bagikan :
Lihat Lainya dalam Kategori : Urusan Agama Islam dan Syariah
Alamat Kantor
  • Kementerian Agama
  • Kantor Wilayah Bengkulu
  • Jl. Jenderal Basuki Rahmat No. 10 Bengkulu 38221
  • Telp. (0736) 21097 21597 344602 28123
  • Fax. (0736) 21597
  • http://bengkulu.kemenag.go.id
  • Email: kanwilbengkulu@kemenag.go.id
Facebook Pages
Twitter