Tertutup Awan, Hilal Tak Tampak di Bengkulu

Tertutup Awan, Hilal Tak Tampak di Bengkulu

Bengkulu (Inmas) - Untuk mengetahui awal bulan Ramadhan 1439 H/2018 M, saat menjelang maghrib Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu mengadakan kegiatan rukyatul hilal di Mess Pemda Provinsi Bengkulu, Selasa (15/5).

Alat bantu rukyatul hilal yang digunakan saat pengamatan hilal terdiri dari 3 teropong sebagai media pengamatan, 2 teropong dari Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu dan 1 dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kepahiang.

Kegiatan yang dimotori oleh Drs. H. Ramedlon, M.Pd sebagai Kepala Bidang Urusan Agama Islam Kanwil Kemenag Prov. Bengkulu ini diikuti oleh Gubernur Bengkulu, Sekda, Kepala Biro Kesra dan Pemerintahan Prov. Bengkulu, Pejabat Eselon III dan IV di Lingkungan Kanwil Kemenag Prov. Bengkulu, Kepala Kemenag Kota Bengkulu dan Bengkulu Tengah, Ketua PTA Bengkulu, Ketua PA Kota Bengkulu, Kepala BMKG Kepahiang, Ketua MUI Bengkulu, Ketua Pengurus Wilayah Muhammadiyah dan NU Provinsi Bengkulu, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat Bengkulu.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu Drs. H. Bustasar MS, M.Pd saat kegiatan berlangsung mengungkapkan bahwa posisi hilal hari ini 0 derajat 7 menit 29,07.00 detik. "Meskipun hilal tak tampak karena tertutup awan di lokasi pengamatan kita saat ini, namun merujuk pada posisi hilal tersebut tahun ini insya Allah tidak ada perbedaan dalam mengawali bulan Ramadhan tahun 1439 H di Indonesia" ujarnya.

"Marilah kita bersama-sama menjaga kesucian dan kedamaian bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, semoga dengan datangnya bulan suci Ramadhan 1439 H ini Allah SWT memberkati bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini, dan atas nama Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu saya mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa, semoga Allah SWT menerima segala amal ibadah kita" tutur Bustasar. (js)

Bagikan :