Ka.Kanwil Kemenag Bengkulu Sampaikan Himbauan Jelang Ramadhan

Ka.Kanwil Kemenag Bengkulu Sampaikan Himbauan Jelang Ramadhan

Bengkulu (Inmas)- Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bengkulu, Drs.H.Bustasar MS,M.Pd menyampaikan beberapa himbauan kepada masyarakat menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1439 H/2018 M.

    "Saya mengajak kepada umat muslim, khususnya di Provinsi Bengkulu untuk menyambut Ramadhan dengan suka cita serta  meningkatkan intensitas ibadah wajib maupun sunnah," kata Bustasar ketika ditanya diruang kerjanya, Jumat (11/5).

    Menurut Bustasar yang juga menjabat sebagai Ketua IPHI Provinsi Bengkulu, momentum ramadhan hendaknya dijadikan untuk berlomba-lomba dalam ibadah dan melakukan amal sholeh lainnya.

    Selain itu, ia menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga toleransi dan saling menghargai  kepada umat umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa seperti penggunaan tabir pada warung makan, tidak makan dan minum dimuka umum dan lain sebagainya.

    Bustasar meminta kepada lingkungan kantor, sekolah atau madrasah pada tingkat Diniyah, Tsanawiyah, Madrasah, Pondok Pesantren, Masjid, langgar maupun mushola untuk memasang umbul-umbul serta spanduk untuk menyemarakkan bulan Ramadhan yang penuh berkah.

    Kepada alim ulama, tokoh agama mupun da'i ia juga mengajak untuk dapat menyampaikan ceramah agama dengan santun dan bijaksana serta menghindari pandangan agama yang sempit dan kaku sehingga dapat memecah kesatuan dan persatuan bangsa . "Islam itu agama rahmatan lil alamin, agama yang senantiasa menebarkan kedamaikan," katanya.

    Terakhir, terkait dengan penetapan 1 Ramadhan 1439 H, Kementerian Agama Provinsi Bengkulu melalui bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan syariah akan melakukan Rukyatul hilal penetapan 1 Ramadhan 1439 H pada tanggal 15 Mei 2017 mendatang. "untuk kepastian 1 Ramadhan nanti kita tunggu pengumuman pemerintah  melalui sidang isbat," katanya.(jj)

Bagikan :