Meriahkan Hardiknas MTsN 2 MM Adakan Karnaval Budaya

Meriahkan Hardiknas MTsN 2 MM Adakan Karnaval Budaya

Mukomuko (Inmas), Sejumlah pelajar MTsN 2 Mukomuko kelas VII dan VIII menggelar karnaval budaya dalam rangka Hardiknas, Selasa (08/05). Rute yang mereka lewati mulai dari madrasah lalu berjalan melewati Desa Wonosobo bertolak menuju titik kumpul yaitu di Lapangan SP 1 Penarik.

Karnaval tersebut dimeriahkan oleh penampilan drumband dan pelajar yang mengenakan kostum berbagai macam. Ada yang memakai pakaian adat, kostum ala polisi/TNI, bidan, perawat, olahragawan, tukang tani dan lainnya.

Kelas VII E misalnya yang sebagian siswanya memakai pakaian adat nusantara. Tidak sekadar aksi simbolik semata pihak madrasah berharap penampilan semacam itu bisa mengedukasi para siswa untuk mengenal kekayaan budaya Indonesia dari segi pakaian adat.

Kelas lain ada pula yang ditugaskan memakai pakaian ala dokter dan perawat dengan harapan mereka bisa gigih menggapai cita-cita tersebut dan menjadi dokter atau perawat yang handal.

“Karnaval itu kami namai karnaval budaya karena masih dalam nuansa Hardiknas jadi kami selenggarakan karnaval ini juga dalam rangka memeriahkan Hardikas yang jatuh pada tanggal 5 Mei lalu,” ujar panpel.

Seperti tahun-tahun sebelumnya karnaval yang dimeriahkan dengan dengan berbagai tulisan berisikan pesan moral di sepanduk yang dibawa siswa, juga dimaksudkan untuk mengenalkan eksistensi madrasah tsanawiyah kepada masyarakat. Harapannya ke depan, masyarakat tidak lagi ragu menitipkan anak-anaknya untuk mengenyam pendidikan di madrasah.

Berkat pengawalan dari pihak kepolisian Polsek Penarik dan izin dari aparat setempat untuk menggunakan fasilitas desa, akhirnya karnaval tersebut berjalan dengan lancar dan tertib. (Muhtohar)

Bagikan :