Bimas Buddha Kanwil Kemenag Bengkulu Selenggarakan Kegiatan Pembinaan Wanita Buddhis

Bimas Buddha Kanwil Kemenag Bengkulu Selenggarakan Kegiatan Pembinaan Wanita  Buddhis

Bengkulu (Inmas) --- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu Drs. H. Bustasar, MS, M.Pd beri pembinaan kepada 40 wanita Buddhis yang berasal dari Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Bengkulu. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari tersebut mengangkat tema “Mewujudkan Wanita Buddhis yang Hebat, Kuat dan Bermartabat” diselenggarakan oleh Bimas Buddha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu di Hotel Splash Kota Bengkulu, Jumat (04/05).

Dalam arahannya saat membuka kegiatan tersebut Kakanwil mengungkapkan kekagumannya terhadap peran kaum wanita. Menurutnya wanita itu mahluk yang hebat dan tangguh, karena perannya yang sangat penting dalam kehidupan keluarga dan masyarakat. Selain itu Kakanwil juga juga menambahkan wanita Buddhis perlu memahami 4 pilar kebangsaaan yaitu (1) Pancasila (2) UUD 1945  (3) NKRI harga mati dan (4) Bhineka Tunggal  Ika.

 “Wanita itu sangat istimewa, perannya sangat penting dalam keluarga dan masyarakat. Wanita itu jantung keluarga, maka hargailah setiap wanita” kata Kakanwil.

Melalui kegiatan ini Kakanwil berharap dapat meningkatkan pengetahuan dan peran wanita Buddhis, termasuk bagaimana cara hidup sehat, serta cara penanggulangan kekerasan dalam keluarga.

“Mengingat pentingnya peran wanita maka Saya merasa perlu untuk melakukan pembinaan kepada para wanita Buddhis disini” lanjut Bustasar.

Sementara itu Pembimbing Masyarakat Budha Kantor wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu Warlan, SE, M.Pd menuturkan maksud dan tujuan diadakan kegiatan pembinaan wanita Buddhis adalah  untuk, meningkatkan pengetahuan dan wawasan Wanita Buddhis dalam Bidang Pemberdayaan Perempuan, Meningkatkan Pemahaman tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, Mencegah dan Menanggulangi  Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak, Sebagai Media Pengembangan Organisasi Wanita Buddhis, Saling memberi dan menerima data/informasi sebagai bahan pengambilan kebijakan bersama. Warlan juga menambahkan diadakannya kegiatan  ini  agar Wanita Buddhis dapat memahami apa yang di sampaikan para narasumber sehingga dapat diterapkan di masing-masing organisasinya. 

Kegiatan ini dihadiri seluruh majelis yang ada di Provinsi Bengkulu  diantaranya dari Ketua  Majelis  Buddhayana Indonesia Prov. Bengkulu Ibu Herwani, Ketua  Madhatantri Romo Achady Agam, dan Ketua Majelis Mapanbumi Romo Chandra Tjhie. Adapun Narasumber terdiri dari 6 Orang yaitu Drs. H. Bustasar. MS. M.Pd, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Susilawaty, S. Sos., S. Km., M. Kes, Drs. H. Yasaroh, M. HI, Drs. I Made Nasib Mardika M. Pd, Warlan, SE, M. Pd, dan Nurhadi., S. Ag. MM. (Aji)

Bagikan :
Lihat Lainya dalam Kategori : Bimbingan Masyarakat Budha
Alamat Kantor
  • Kementerian Agama
  • Kantor Wilayah Bengkulu
  • Jl. Jenderal Basuki Rahmat No. 10 Bengkulu 38221
  • Telp. (0736) 21097 21597 344602 28123
  • Fax. (0736) 21597
  • http://bengkulu.kemenag.go.id
  • Email: kanwilbengkulu@kemenag.go.id
Facebook Pages
Twitter