Cegah Korupsi, Ka.Kemenag Benteng Ingatkan Satker

Cegah Korupsi, Ka.Kemenag Benteng Ingatkan Satker

Bengkulu Tengah (Inmas)- Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Tengah H. Sipuan, S.Ag.,MM melakukan berbagai upaya guna menghindari kemungkinan terjadi Pungutan Liara (Pungli) di jajaran Kemenag Kabupaten Bengkulu Tengah.

    “penyisiran secara detail ini kami fokuskan pada satker yang berbasis layanan, karena bidang tersebut sangat berpotensi adanya pungutan liar (pungli),” Ujar Sipuan saat mengadakan rapat bulanan bersama seluruh Kepala KUA dan Kepala Madrasah  di Aula Sakinah, Rabu 11 April 2018.

    Ia mengliustrasikan bahwa Pungli ini adalah sebuah penyakit menular yang perlu kita berantas secara bersama ke akar-akarnya.

    “melalui pemetaan ini nanti harapan kita bisa melakukan pencegahan terhadap praktek pungli yang menjadi bagian dari korupsi", tegasnya.

    H.Sipuan juga menyampaikan setidaknya ada lima titik yang sangat rawan terjadi Pungutan liar mulai dari pelayanan nikah dan rujuk, pelayanan kepegawaian,  pelayanan terkait pendidikan, pelayanan haji dan umrah, dan pelayanan lainnya. Tambahnya

    H.Sipuan senantiasa mengingatkan kepada seluruh kepala KUA dan Kepala Madrasah agar selalu mempedomani regulasi yang ada terkait dengan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

    “Jangan membuat aturan sendiri, semua ada regulasinya, Di Bimas Islam dan Seksi Haji itu banyak layanan publiknya, sehingga potensi Pungli sangat besar, termasuk juga layanan pendidikan” ungkap Sipuan

    Mari sama-sama teguhkan prinsip, bekerja berdasarkan regulasi, jangan corengkan nama Kementerian Agama dengan nominal yang tak seberapa, tutupnya .(Bobi)

Bagikan :