Kampanyekan Hidup Bersih, MAN Kaur Berikan Bendera Hitam

Kampanyekan Hidup Bersih, MAN Kaur Berikan Bendera Hitam

Kaur (Inmas) – Madrasah Aliyah (MA) Negeri Kaur mempunyai kebijakan khusus didalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Seperti kebijakan yang diterapkan oleh Kepala MAN Kaur Widodo, MPd, yakni dengan memberikan bendera hitam bagi ruang kelas yang dianggap paling kotor.

Kepala MAN Kaur Widodo ditemui diruang kerjanya, Rabu, (11/04) mengatakan, pemberian bendera hitam bertujuan untuk memotivasi kepada seluruh warga sekolah agar selalu menjaga kebersihan lingkungan. Ia menegaskan, masalah kebersihan lingkungan sekolah bukan hanya menjadi tugas penjaga sekolah semata, namun juga harus adanya partisipasi dari seluruh siswa.

Widodo mengatakan, selain memberikan bendera hitam untuk kelas yang paling kotor. Ia juga memberikan Bendera putih yang diberikan kepada kelas yang terbersih.

“Pemberian bendera putih dan hitam diberikan setiap hari senin pada saat upacara bendera. Dengan ketentuan, kelas yang paling bersih berhak menerima bendera putih dan dipajang di depan kelasnya. Sebaliknya kelas yang paling kotor berhak menerima bendera hitam” ungkap Widodo.

Terpisah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kaur Drs. H. Zainal Abidin, MH memberikan apresiasi atas penegakan disiplin dalam membentuk karakter yang diterapkan di MAN Kaur. Ia menegaskan bahwa membentuk karakter anak didik tidak melulu dengan nasehat atau ceramah, namun mengajarkan arti tanggung-jawab juga merupakan bagian dari proses pendidikan karakter.  (Puji**)  

Bagikan :