Asah Kemampuan Santri, Kemenag Kaur adakan Ujian Nasional MDTA

Asah Kemampuan Santri, Kemenag Kaur adakan Ujian Nasional MDTA

Kaur (Inmas) – Dalam rangka untuk mengasah kemampuan para santri, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kaur melalui Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS) melaksanakan Ujian Akhir Bersama Nasional (UABN) Madrasah Diniyah Ta`miliyah Awaliah (MDTA).

Ujian dilaksanakan selama empat hari, mulai Senin s/d Kamis (09 s/d 12 April 2018), mulai pukul 14.00 WIB s/d 16.30 WIB bertempat di Pondok Pesantren Eka Nurza.

Kasi PAKIS Mugiyem, SE mengatakan, ujian diikuti sebanyak 7 peserta yang berasal dari MDTA Iqra Desa Jembatan II. Pada ujian tersebut ada tujuh mata pelajaran yang akan diujikan, yakni mata pelajaran Al Qur`an, Hadist, Aqidah, Akhlaq, Fiqih, Bahasa Arab, dan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI).

Kasi Pakis Kemenag Kaur Mugiyem menjelaskan, bahwa ujian MDTA diperlukan sebagai syarat utama untuk mendapatkan Ijazah. Adapun pelaksanaan ujian MDTA secara serentak pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Kaur.  Adapun tekhnis pelaksanaannya seperti ujian nasional (UN) di sekolah umum, karena menggunakan lembar jawaban komputer (LJK) yang didatangkan langsung dari Provinsi.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kaur Drs. H. Zainal Abidin, MH berharap dengan dilaksanakannya Ujian Bersama Nasional MDTA, dapat meningkatkan Kualitas ilmu Agama dan Akhlak para Santri sehingga terciptanya kesalehan sosial ditengah tengah Masyarakat. (Puji**)

Bagikan :