Anggota PMR dan PIK-R MAN 1 Mukomuko Ikuti Sosialisasi SAKABAKTI

Anggota PMR dan PIK-R MAN 1 Mukomuko Ikuti Sosialisasi SAKABAKTI

Mukomuko (Inmas), Pegawai Kesehatan Puskesmas Kecamatan Ipuh adakan sosialisasi Sakabakti dan konselor sebaya  kepada anggota PIK-R, Pramuka dan PMR MAN 1 Mukomuko, Kamis (5/4).

Sosialisasi tesebut terdiri dari tiga sesi. Materi pada sesi pertama disampaikan oleh Sri Haryani yang juga merupakan ketua PKPR. Sesi kedua disampaikan oleh Yeni Lestari dengan materi yang memuat tentang UKS, adapun materi ketiga disampaikan oleh promokes yaitu Nesya Faternasa.

Dari tiga sesi tersebut, hal yang paling ditekankan oleh pemateri adalah mengenai penanganan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) dan Pertolongan Pertama Pada Penyakit (P3P). Selain sosialisasi tentang Sakabakti, Tim sosialisasi Pukesmas Ipuh tersebut juga akan mengadakan pembentukan konselor sebaya.

Siswa yang akan direkrut sebagai anggota konselor sebaya adalah siswa kelas X dan XI. Adapun jumlah siswa yang akan direkrut adalah 10 ?ri jumlah siswa kelas X dan XI tersebut.

“Namun sebelumnya kita akan memberikan pembekalan agar mereka memahami maksud dan tujuan Sakabakti dan konselor sebaya,” tutur Sri Hariayani selaku Ketua Timsos.

Pembina UKS dan PIK-R Faizah Husnah dan Delti Silvia berharap dengan adanya sosialisasi dan pembentukan konselor sebaya tersebut dapat meningkatkan kemampuan siswa khususnya anggota PIK-R dan PMR dalam penanganan P3K dan P3P di MAN 1 Mukomuko. Selain itu, siswa tersebut juga dapat membimbing siswa yang lain dalam hal penanganan P3K dan P3P. (J88)

Bagikan :