Kua Curup bersama Baznas RL Peduli Lansia

Rejang Lebong (Inmas) -- Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Rejang Lebong sebagai bagian dari BAZNAS Pusat pada tahun 2018 telah mencanangkan program Santunan Biaya Hidup Fakir bagi masyarakat, khususnya di wilayah Kabupaten Rejang Lebong. Program ini merupakan bentuk kepedulian BAZNAS Kabupaten Rejang Lebong dan diharapkan dapat membantu biaya hidup bagi masyarakat kurang mampu dan usia jompo.

Untuk mensukseskan program santunan ini, maka BAZNAS Kabupaten Rejang Lebong bekerjasama dengan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Curup. Melakukan survey kerumah rumah penduduk yang telah direkomendasikan dari kantor kelurahan setempat, Adapun Persyaratan untuk mendapat santunan ini menurut Ketua BAZNAS Kabupaten Rejang Lebong melalui Kepala KUA Curup Drs. Ismul Khalidin, M.H.I, yaitu ; (a) hidup sendiri/terlantar dan tidak memiliki keluarga yang bertanggung jawab, (b) tidak memiliki tempat tinggal sendiri (sewa/kontrak) atau memiliki rumah sangat sederhana, (c) usia penerima manfaat/mustahik : 63 tahun ke atas atau usia jompo, (d) tidak dalam penanggung jawab anak atau keluarga lain, dan (e) belum mendapatkan bantuan sebelumnya.

Untuk mendapatkan penerima santunan sebagaimana persyaratan tersebut, maka KUA Kecamatan Curup melibatkan para Penyuluh Agama Islam Non PNS wilayah Kecamatan Curup dengan melakukan survey lapangan. Salah seorang Penyuluh Agama Islam Non PNS Oli Sholihat, S.Ag sekaligus sebagai Ketua Majelis Taklim di Masjid Syafa’atul Ikhwan Kelurahan Jalan Baru Kecamatan Curup Rejang Lebong, telah melakukan survey di wilayah Kelurahan Jalan Baru Kecamatan Curup. Untuk memastikan dan menghindari salah sasaran penerima santuanan, maka dalam survey lapangan ini Oli Sholihat, S.Ag mengikut sertakan Lurah Kelurahan Jalan Baru Kecamatan Curup, Safarudin.  Menurut bapak Safaruddin selaku lurah jalan baru " bahwa program ini sungguh sangat membantu masyarakat khususnya mereka yang tidak memiliki kemampuan untuk mencari nafkah dikarenakan faktor usia dan faktor faktor lainnya. Sehingga dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat mengurangi beban hidup secara materil".

Bagikan :