Mukhlisuddin: Puasa dan Lebaran Diprediksi Serentak

Kota Bengkulu (Inmas) -Tak terasa sebentar lagi Umat Islam akan kembali melaksanakan Ibadah Puasa Ramadhan 1439 Hijriyah. Dan pada tahun 2018 ini awal puasa dan Hari Raya Idul Fitri sepertinya akan tetap serempak. Yakni awal puasa jatuh pada tanggal 17 Mei 2018.

    Disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bengkulu, Dr. H. Mukhlisuddin, SH.MA. pihaknya berkeyakinan bahwa puasa dan lebaran tahun ini akan serentak.

    Namun, masih akan tetap menunggu hasil pelaksanaan Rukyatul Hilal untuk meneropong posisi bulan. Dimana, hasilnya nanti akan disampaikan  dalam Sidang Isbath yang dipimpin langsung oleh Menteri Agama RI dan melibatkan sejumlah organisasi dan tokoh Islam.

    “Mudah mudahan tidak ada yang duluan atau terakhir. Nanti kita akan melihat keberadaan bulan. Dan jika posisi bulan sudah terlihat maka berarti awal bulan Ramadhan sudah jelas. Pemerintah akan memutuskan jadwalnya dalam Sidang Isbath”. Pungkas Mukhlisuddin.

    Sejalan dengan itu, Pengurus Wilayah (PW) Muhammadiyah Provinsi Bengkulu, H. Syukron Zainul mengatakan, untuk maklumat dari PP Muhammadiyah akan turun dalam beberapa hari ini.  Namun untuk waktu dan tanggal dimulainya 1 Ramadhan sudah ditetapkan dari jauh hari.

    Sehingga tidak akan ada perubahan.  Dimana, awal puasa akan serentak tanggal 17 Mei 2018. Karena, ketinggian bulan sudah diatas ufuk. Begitu juga dengan 1 Syawal juga ditetapkan karena hilal sudah terlihat ketika matahari terbenam. Kalau bulan juga sudah diatas ufuk.(popi)

Bagikan :
Lihat Lainya dalam Kategori : Penerangan Agama Islam Zakat dan Wakaf
Alamat Kantor
  • Kementerian Agama
  • Kantor Wilayah Bengkulu
  • Jl. Jenderal Basuki Rahmat No. 10 Bengkulu 38221
  • Telp. (0736) 21097 21597 344602 28123
  • Fax. (0736) 21597
  • http://bengkulu.kemenag.go.id
  • Email: kanwilbengkulu@kemenag.go.id
Facebook Pages
Twitter