Kepala Kankemenag Lebong : “Zakat Dan Wakaf Pembangun Ekonomi Masyarakat

Kepala Kankemenag Lebong : “Zakat Dan Wakaf Pembangun Ekonomi Masyarakat

Lebong (Inmas), “Zakat dan Wakaf merupakan pembangun ekonomi masyarakat” hal ini di sampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong Dr. H Junni Muslimin MA saat membuka worskhop literasi zakat dan wakaf di aula Kantor Kemenag Lebong pada Selasa (06/03).

Dalam laporanya Ketua Panitia workshop literasi zakat dan wakaf Kantor Kemenag Lebong Malvinas RNBS S.Ip mengatakan Islam merupakan agama yang memegang tinggi prinsip solidaritas, hal itu dapat di lihat dari konsep ibadah sosial antara lain sedekah, infak, zakat , dan wakaf.

Sementara itu dalam sambutannya di hadapan 20 orang peserta workshop literasi zakat dan wakaf Junni Muslimin mengatakan zakat merupakan kewajiban yang ditetapkan Allah SWT bagi umat muslimin.

“Firman Allah SWT dalam Al-Qura’an, “ambilah zakat dari sebagian harta. dengan sebagian harta itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dari sifat, kikir, dengki, tamak, serta membangun masyarakat yang lemah dan dapat memberkahkan harta yang dimiliki,” ujar Junni Muslimin.

Selanjutnya beliau menerangkan terkait jenis wakaf dan ketentuanya dimana dalam ikrar wakaf atau serah terima wakaf harus sesuai antara unsur dan hukum syarat wakaf serta administrasnya harus jelas dan benar.

Beliau juga berharap dengan workshop literasi zakat wakaf ini tokoh masyarakat , tokoh agama, penyuluh dan unsur lainnya yang ada di Kabupaten Lebong agar lebih optimal dalam pemahaman tentang zakat dan wakaf sehingga pemanfaatannya bisa lebih terorganisir demi kepentingan umat. (Bibin)

Bagikan :