CJH Kabupaten Kaur Jalani Pemeriksaan Lanjutan di Puskesmas Bintuhan

CJH Kabupaten Kaur Jalani Pemeriksaan Lanjutan di Puskesmas Bintuhan

Kaur (Inmas) – Sebanyak 108 Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Kaur mengikuti pemeriksaan kesehatan lanjutan. Pemeriksaan ini dilaksanakan di 2 tempat, yaitu di RSUD Cahaya Batin mulai tanggal 28 Februari - 2 Maret, dan di Puskesmas Bintuhan 6 – 8 Maret 2018.  

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kaur Drs. H. Zainal Abidin, MH melalui Kasi PHU Muhammad Nasir, SPd mengatakan, pemeriksaan kesehatan  ini berfungsi sebagai identifikasi, karakterisasi, serta penentuan metode eliminasi faktor risiko kesehatan jemaah haji, sebagai dasar upaya perawatan dan pemeliharaan kesehatan, serta upaya-upaya pembinaan dan perlindungan kesehatan jemaah haji nantinya.

"Pemeriksaan kesehatan ini merupakan langkah awal agar dapat menetapkan Istithaah kesehatan haji dan merupakan proses yang wajib diikuti seluruh CJH sebelum berangkat ketanah Suci” ungkap Kasi PHU Muhammad Nasir ketika mendampingi jamaah melakukan tes kesehatan di Puskesmas Bintuhan, Selasa, (6/03).

Muhammad Nasir menambahkan, pemeriksaan kesehatan di puskesmas berupa pemeriksaan kondisi fisik, dan pembinaan bagi calon jamaah haji yang memiliki riwayat penyakit dan risiko tinggi. "melalui pemeriksaan lanjutan di Puskesmas, maka calon haji yang memiliki riwayat penyakit atau risiko tinggi akan mendapatkan pendampingan dan pembinaan lebih lanjut. Sehngga diharapkan pada saat ibadah di Tanah Suci kondisi kesehatan CJH sudah semakin membaik," pungkasnya. (Puji**)

Bagikan :