Ka. Kemenag Lebong : “Bekali Anak Usia Dini Dengan Ilmu Agama”

Ka. Kemenag Lebong : “Bekali Anak Usia Dini Dengan Ilmu Agama”

Lebong (Inmas), “Bekali anak usia dini dengan ilmu agama” hal ini disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong Dr. H. Junni Muslimin MA saat pembinaan penyuluh dan guru TPA, TPQ se Kabupaten Lebong di aula Kantor kemenag Lebong pada Jum’at (02/03).

Pembinaan penyuluh dan guru TPA, TPQ yang diikuti 30 orang peserta tersebut dilakukan bertujuan untuk meningkatkan mutu serta kemampuan penyuluh, guru TPA dan TPQ dalam menjalankan tugasnya menyampaikan ilmu agama kepada masyarakat menyangkut ibadah dan akhlak.

Dalam materi pembinaanya H. Junni mengatakan untuk dapat membina akhlak anak didik dalam pembelajaran Al-Qur’an sebagai salah satu pembinaan ahlak perlu terus menerus di kembangkan secara sistematis.

“Membaca Al-Qur’an itu tidak boleh asal baca dan harus hati-hati karena tidak boleh salah cara dalam mengucapan makhrojnya, sifat hurufnya maupun tajwidnya karena akan mempengaruhi arti dari kalimat Al-Qur’an itu,” kata H Junni

Dalam kesempatan itu pula ia menerangkan tentang metode pembelajaran baca Al-Qur’an dan, cara membimbing dan melatih anak untuk membaca Al-quran yang baik dan benar serta dapat mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu ia juga mengatakan dalam pembelajaran metode Iqro guru TPA, TPQ atau penyuluh bisa memberikan contoh yang benar dan santri menirukannya, yaitu santri melihat gerak bibir guru atau sebaliknya guru melihat gerak mulut santri untuk mengajarkan makhroj huruf serta melihat apakah santri sudah tepat dalam melapalkan hurufnya atau belum. (bibin)

Bagikan :