Kepala Kankemenag MM : “Paham Radikalisme Mengancam Keutuhan Bangsa”

Kepala Kankemenag MM : “Paham Radikalisme Mengancam Keutuhan Bangsa”

Mukomuko (Inmas), Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Mukomuko   Drs. H. Ajamalus, MH menjelaskan bahwa paham radikalisme yang tumbuh dan berkembang ditengah masyarakat jika tidak diatasi secara cepat dan tepat dapat mengancam keutuhan bangsa dan negara, sehingga stabilitas kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dapat terganggu.

Oleh karena itu paham radikalisme ini harus ditangani secara bersama antara pemerintah dengan masyarakat, antara lain unsur Ormas Islam, seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI), Nadhatul Ulama (NU), Muhammadiyah dan Ormas Islam lainnya sesuai dengan fungsi dan perannya masing-masing. Ormas Islam harus bersatu menghadapi kelompok yang memiliki pemikiran keras (radikalisme) ini agar dapat diatasi dan dicegah secara cepat dan tepat.

Demikian diungkapkan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mukomuko Drs. H. Ajamalus, MH ketika menerima kunjungan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ketua Nahdhatul Ulama (NU), Ketua Dewan Pimpinan Muhammadiyah, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Mukomuko diruang kerjanya (Senin, 19/02).

Ajamalus juga berharap agar Ormas Islam yang ada di Kabupaten Mukomuko dapat bersinergi dalam membina umat dan mengatasi permasalahan kehidupan agama yang timbul ditengah masyarakat, dimana akhir-akhir ini peristiwa kriminalitas terutama dikalangan generasi muda banyak terjadi, seperti perkelahian antar siswa, penyalahgunaan obat terlarang, minuman keras sudah banyak terjadi di Kabupaten Mukomuko ini.

“Tugas ini tidak mampu dilaksanakan oleh jajaran Kantor Kemenag Mukomuko melainkan harus bersama-sama dengan komponen dan elemen masyarakat, orang tua dan penyelenggara lembaga pendidikan  serta pemerintah daerah, bersama-sama dengan pihak penegak hukum yang ada di Kabupaten Mukomuko,” ujar H. Ajamalus. (Tisna)

Bagikan :