Tingkatkan kompetensi Pegawai, Kepala Kemenag Lebong Gelar Workshop Pengelolaan Persuratan

Tingkatkan kompetensi Pegawai, Kepala Kemenag Lebong Gelar Workshop Pengelolaan Persuratan

Lebong (Inmas), Tingkatkan Kompetensi Pegawai Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong Dr. H. Junni Muslimin MA menggelar workshop pengelolan persuratan dan pengarsipan di aula Kantor Kemenag Lebong pada Rabu (14/02).

Workshop persuratan ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dan menyanyikan lagu Indonesia raya dilanjutkan dengan laporan ketua panitia workshop persuratan  Anang Sujianto S. Pd mengatakan workshop persuratan dan pengarsipan ini diikuti 30 orang peserta terdiri dari Kepala KUA Kecamatan dan staf pengadministrasi, Kepala Madrasah se-Kabupaten Lebong baik MI, MTs, maupun MA dengan narasumber dari Kasubbag Umum Kanwil Provinsi Bengkulu.    

Dalam sambutannya Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong Dr. H. Junni Muslimin MA mengatakan workshop pengelolaan persuratan ini bertujuan memberikan pemahaman dan keterampilan terkait tata persuratan yang baik dan benar serta profesional, sehingga akan tercipta tertib administrasi yang efisien dan komunikasi yang baik untuk menunjang kelancaran pemerintahan dan pembangunan.  

“Dalam pembuatan naskah surat harus berdasarkan kepada UU RI NO 12 Tahun 2011, KEPMENPAN DAN RB Nomor 80 tahun 2012 tentang tata naskah Dinas Instansi Pemerintahan,  KMA Nomor 9 tahun 2016 tentang pedoman tata naskah dan Keputusan Kepala Kanwil Provinsi Bengkulu No 31 tahun 2016 tentang pedoman pembentukan tata naskah dinas arahan keputusan pada Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu,” kata H Junni.

Selain itu beliau juga mengatakan peran tata persuratan dan kearsipan sangatlah penting sebagai dasar dalam mengambil keputusan, sebagai komunikasi yang meliputi pengaturan jenis, pormat, pengabsahan, distribusi ,penyimpanan naskah dinas serta media yang digunakan dalam komunikasi kedinasan.

Ia berharap dengan workshop persuratan ini tercipta pegawai yang profesional dan tertib administrasi sehingga sarana pendukung kedinasan dapat selaras, guna meningkatkan efisien dan efektifitas organisasi. (Bibin)

Bagikan :