Manfaatkan Lahan Kosong, Siswa MTsN 2 Mukomuko Semai Bibit Kangkung

Manfaatkan Lahan Kosong, Siswa MTsN 2 Mukomuko Semai Bibit Kangkung

Mukomuko (Inmas), Berbagai upaya dalam rangka menanamkan kesadaran dalam rangka meningkatkan kelestarian lingkungan di lingkungan madrasah terus digalakkan oleh warga MTsN 2 Mukomuko.

Seperti beberapa hari yang lalu, sejumlah siswa MTsN 2 Mukomuko bersama guru pendamping melakukan kegiatan pemanfaatan lahan kosong di sekitar halaman madrasah. 

Sebelumnya di lahan yang sama kegiatan serupa sudah pernah dilaksanakan dengan menanam berbagai jenis sayuran seperti bayam, kol, terung, dan lain-lain. Namun, kali ini jenis sayuran yang ditanam adalah kangkung.

Di lahan dengan luas sekitar 7 m2 tersebut daun-daun bibit kangkung yang sudah berusia 3 hari mulai bersemi, subur, dan sangat memanjakan mata. Adapun lokasi penanamannya adalah di samping taman salah satu kelas MTsN 2 Mukomuko Kampus II, Penarik.

“Satu lubang kami isi dengan 5 bibit kangkung dengan jarak antara lubang satu dengan lainnya sekitar 1 jengkal,” terang Purwo, Selasa (13/02). Setelah bibit selesai ditanam, tidak lupa siswa memberi pupuk dan menyiramnya.

Siswa diimbau agar rutin menyiramnya secara rutin jika curah hujan masih belum mencukupi. Selain itu, setiap hari Jumat siswa juga ditugaskan untuk merawatnya dengan cara membersihkan gulma maupun tanaman yang mengganggu, serta rutin memberinya pupuk sesuai takaran yang tepat. Saat masa panen tiba, siswa dapat memanennya dengan cara mencabut hingga akar atau dengan memotong ujung pangkal batang kangkung dengan menggunakan cutter atau pisau.

Dengan adanya kegiatan seperti ini, harapannya siswa dapat berpikir inovatif dan tidak membiarkan lahan kosong menganggur begitu saja tanpa dimanfaatkan dan diolah untuk sesuatu yang bisa menghasilkan.(Muhtohar)

Bagikan :
Lihat Lainya dalam Kategori : Pendidikan Madrasah
Alamat Kantor
  • Kementerian Agama
  • Kantor Wilayah Bengkulu
  • Jl. Jenderal Basuki Rahmat No. 10 Bengkulu 38221
  • Telp. (0736) 21097 21597 344602 28123
  • Fax. (0736) 21597
  • http://bengkulu.kemenag.go.id
  • Email: kanwilbengkulu@kemenag.go.id
Facebook Pages
Twitter