Siswa MIN 2 BS Negatif Terjangkit Filariasis

Siswa MIN 2 BS Negatif Terjangkit Filariasis

Bengkulu Selatan (Inmas) , Berdasarkan surat dari Dinas Kesehatan Bengkulu Selatan Nomor 443.2/002/P2-P/2018 tanggal 08 Januari 2018 perihal Pelaksanaan survei penilaian transmisi (TAS) Filariasis (penyakit kaki gajah), MIN 2 Bengkulu Selatan termasuk salah satu diantara 38 sekolah/madrasah terpilih untuk pelaksanaan survei TAS di Bengkulu Selatan.

Pada hari Selasa, 06 Februari 2018 pukul 07.30 WIB tim Transimision Asesment Survei (TAS) filariasis/kaki gajah tiba di MIN 2 Bengkulu Selatan. Survei TAS  ini dilaksanakan oleh tim gabungan dari Kementerian Kesehatan RI, Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Dinas Kesehatan Kab. Bengkulu Selatan, Puskesmas M.Thaha dan dua Guru MIN 2 BS yang ditunjuk sebagai kader untuk membantu pelaksanaan. Kegiatan ini diikuti oleh 172 siswa/i kelas 1 & 2, yang terdiri dari  80 siswa laki – laki dan 92 siswa perempuan MIN 2 Bengkulu Selatan.

Kedatangan tim ini untuk mengecek kasus filariasis atau penyakit kaki gajah, sekaligus survei keberhasilan program pembagian obat filariasis secara massal di Bengkulu Selatan sejak tahun 2012-2016. Tim survei akan mengambil sampel darah siswa/i kelas 1 dan 2. Dari survei ini nanti juga akan ketahui, apakah Bengkulu Selatan sudah bebas dari kasus penyakit kaki gajah atau belum.

Sampel tersebut akan langsung diperiksa tim survei, sehingga akan diketahui siswa/i tersebut memiliki gejala filariasis atau tidak.

Kegiatan ini tidak hanya disambut baik oleh Kepala MIN 2 BS, tetapi para wali murid juga ikut berpartisipasi mendampingi siswa/i dan memberikan izin kepada pihak madrasah dan tim TAS untuk mengambil sampel darah anaknya.

Kepala MIN 2 Bengkulu Selatan dalam kesempatan ini menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tim TAS yang telah mengecek filariasis di MIN 2 Bengkulu Selatan dan alhamdulillah hasil pengecekan darah seluruh siswa/i kelas 1 dan 2 MIN 2 Bengkulu Selatan negatif terjangkit filariasis atau penyakit kaki gajah.

“Terima kasih banyak kami ucapkan kepada tim survei TAS yang telah mengecek filariasis di MIN 2 Bengkulu Selatan. Sehingga bagi siswa/i yang terpilih sebagai sampel survei memiliki beberapa keuntungan antara lain dengan  hasil tes yang dilakukan akan diketahui apakah siswa/i sudah terpapar dengan cacing filaria sebagai penyebab penyakit kaki gajah, bila ternyata positif akan ditindaklanjuti sampai dengan pengobatan. Dan setelah dilakukan pengecekan hasilnya alhamdulillah 100% siswa/i kelas 1 dan 2 MIN 2 Bengkulu Selatan negatif terjangkit filariasis atau penyakit kaki gajah.” ucap Ibu Zannatun Na’imah, M.Pd.I selaku Kepala MIN 2 BS.

Walaupun terbukti siswa/i kelas 1 dan 2 MIN 2 Bengkulu Selatan negatif terjangkit filariasis atau penyakit kaki gajah Ibu Zannatun berpesan kepada siswa/i MIN 2 Bengkulu Selatan agar tetap menjaga kebersihan dan kesehatan, mengikuti kegiatan olahraga, mencuci tangan sebelum makan dan makan makanan yang bergizi.

“Mudah-mudahan dengan menjaga pola hidup sehat kita juga akan sehat selalu,” terang Ibu Zannatun. (humas MIN 2 BS)

Bagikan :