Kemenag Kota Bengkulu Petakan Wilayah Dakwah

Kemenag Kota Bengkulu Petakan Wilayah Dakwah

Kota Bengkulu (Inmas)- Kota Bengkulu merupakan ibu kota Provinsi Bengkulu. Yang terdiri dari 9 kecamatan dan 67 kelurahan dengan berbagai suku. Yaitu Melayu, Lembak, Serawai, Rejang, Kaur, Enggano, Pekal, Semendo, dan Muko muko. Serta agama dan adat istiadat yang berbeda pula pada tiap tiap daerahnya. Dengan keanekaragaman suku-suku tersebut pemahaman dan penyampaian dakwah kepada masyarakat Kota Bengkulu pun berbeda beda.

 Adapun Dakwah dalam pengertian Al Quran adalah kegiatan mengajak, mendorong dan memotivasi orang lain berdasarkan bashirah untuk meniti jalan Allah SWT serta berjuang bersama meninggikan Agama-Nya. Sedangkan Peta Dakwah adalah suatu gambaran sistematik dan rinci tentang subjek, objek, dan lingkungan Dakwah pada satuan unit daerah. Meliputi tingkat RT, RW, Kelurahan/desa, Kecamatan, Kabupaten bahkan Provinsi.

 Salah satu  upaya Kantor Kemenag Kota Bengkulu dan pihak pihak terkait dalam rangka memberikan pemahaman dan wawasan kepada para Da’I dan Penyuluh Agama Islam untuk mengefektifkan dan mengefisienkan maksud dan tujuan dakwah yang disampaikan kepada masyarakat di wilayah Kota Bengkulu adalah dengan melakukan kegiatan Pemetaan Wilayah Dakwah Kota Bengkulu Tahun 2018.

 Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 14 Februari 2018. Bertempat di Aula Hotel Vista Kota Bengkulu. dan diikuti oleh 30 orang peserta. Yang terdiri dari 7 orang penyuluh KUA Kecamatan, dan 23 orang pengurus Majelis Taklim dari masjid se-Kota Bengkulu.

 Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Bengkulu, Dr. H. Mukhlisuddin, SH.MA. didampingi oleh Kasi Bimas Islam, H. Samsuhardi, S.Ag.

 Dalam sambutannya, Dr. H. Mukhlisuddin, SH.MA berharap agar para pserta dapat menjadi pendakwah yang mampu meningkatkan efektifitas nya dalam penyampaian Dakwah. Menuju masyarakat Kota Bengkulu yang Madani. (popi)

 

Bagikan :