Guru IPA MTsN 6 Mukomuko Nilai Hasil Praktekkan Bio Teknologi Pangan Siswa

Guru IPA MTsN 6 Mukomuko Nilai Hasil Praktekkan Bio Teknologi Pangan Siswa

 

Mukomuko (Inmas), Guru IPA MTsN 6 Mukomuko lakukan penilaian terhadap hasil praktek bioteknologi pangan yang dilakukan oleh siswa kelas IX di ruang guru pada hari Rabu, 31 Januari 2018.

Siswa diberikan materi tentang bioteknologi pangan seperti bagaimana cara membuat tempe, tape dan susu kedelai oleh guru IPA MTsN 6 Mukomuko Eva Luviati, S.Pd.  Kemudian siswa kelas IX dibagi dalam 4 kelompok perkelas untuk membuat susu kedelai, tempe dan tape di rumah masing-masing.

Sebagai bukti bahwa siswa membuat sendiri, masing-masing kelompok di suruh membuat laporan baik itu mengenai cara maupun foto proses pembuatannya. Hasilnya mereka bawa kesekolah untuk diberikan penilaian. Dari hasil penilaian guru tersebut semua kelompok mempraktekkan bioteknologi pangan mempunyai hasil yang baik.

Eva Luviati, S.Pd menjelaskan bahwa Bioteknologi adalah cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup (bakteri, fungi, virus, dan lain-lain) maupun produk dari makhluk hidup (enzim, alkohol) dalam proses produksi untuk menghasilkan sesuatu yang dapat dikonsumsi. Salah satunya bioteknologi pangan yaitu tempe, tape dan susu kedele yang kita jumpai di kehidupan sehari-hari.

Adapun tujuan kegiatan ini untuk memberi pengetahuan kepada anak mengenai bioteknologi yang ada di kehidupan kita sehari-hari, dan bagaimana proses pembuatanya.

“Dengan pengetahuan ini selain mendapatkan ilmu anak juga mempunyai bekal wirausaha,” pungkasnya.(Sri)

Bagikan :