Ikuti Himbauan Menteri Agama, Jajaran Kanwil Kemenag Laksanakan Shalat Gerhana

Ikuti Himbauan Menteri Agama, Jajaran Kanwil Kemenag Laksanakan Shalat Gerhana

Bengkulu (Inmas), Sesuai dengan himbauan dari Kementerian Agama mengenai Shalat Gerhana, pada Rabu (31/01) jajaran Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu melaksanakan Shalat Gerhana yang dipusatkan di Masjid Raya Baitul Izzah. Adapun waktu pelaksanaan Shalat Gerhana ini setelah pelaksanaan Shalat Isya berjamaah.

Kegiatan Shalat Gerhana atau Shalat Khusuf ini dihadiri oleh Asisten I Pemda Provinsi Bengkulu Hamka Sabri, Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu H. Herman Yatim, para pejabat Eselon III dan IV Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu dan Karyawan/I Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu serta para jamaah Masjid Raya Provinsi Bengkulu.

Sebelumnya disampaikan oleh Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama RI Muhammadiyah Amin bahw awal gerhana diperkirakan mulai pukul 20:48 WIT, 19.48 WITA atau 18.48 WIB. Puncak gerhana akan terjadi pada pukul 20.29 WIB, dan akhir gerhana bulan total pada pukul 22:11 WIB.

“Sesuai himbauan dari Menteri Agama saat ini kita akan melaksanakan shalat khusuf, yang waktu pelaksanaannya disesuaikan dengan daerah masing-masing, Insya Allah pelaksanaannya nanti berjalan dengan lancar,” ujar H. Herman Yatim saat ditemui sebelum pelaksanaan shalat Khusuf.

Masyarakat Kota Bengkulu tampak cukup antusias dengan pelaksanaan Shalat Gerhana ini. Terlihat ribuan jamaah memadati komplek Masjid Raya Baitul Izzah yang berkapasitas sekitar 2.500 jamaah ini.

Sebagai petugas dalam Shalat  Khusuf ini yaitu Kepala Bidang Penais Zawa H. Paimat Solihin sebagai Imam dan Koordinator Penyuluh Agama Provinsi Bengkulu H. Siun sebagai Khatib. Dalam tausiahnya setelah pelaksanaan Shalat Khusuf H. Siun Rohan mengajak jamaah untuk memaknai bahwa gerhana bulan ini merupakan salah satu Kebesaran dari Allah SWT. (haf)

Bagikan :
Lihat Lainya dalam Kategori : Penerangan Agama Islam Zakat dan Wakaf
Alamat Kantor
  • Kementerian Agama
  • Kantor Wilayah Bengkulu
  • Jl. Jenderal Basuki Rahmat No. 10 Bengkulu 38221
  • Telp. (0736) 21097 21597 344602 28123
  • Fax. (0736) 21597
  • http://bengkulu.kemenag.go.id
  • Email: kanwilbengkulu@kemenag.go.id
Facebook Pages
Twitter