Kepala Kemenag Lebong Lakukan Salat Khusuf Di Mesjid Agung

Kepala Kemenag Lebong Lakukan Salat Khusuf Di Mesjid Agung

Lebong (Inmas), Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong Dr. H. Junni Muslimin MA laksanakan salat Khusuf di mesjid Agung Sultan Abdullah Kabupaten Lebong  pada Rabu (31/1/ 2018).

Dalam sambutannya H. Junni mengatakan dengan kekuasaannya Allah SWT menciptakan dua gerhana yani gerhana matahari dan gerhana bulan. Gerhana matahari terjadi dimana posisi bulan berada di antara matahari dan bumi sehingga sinar matahari yang menyinari bumi terhalang oleh bulan. Sedangkan gerhana bulan terjadi saat posis bumi berada di antara matahari dan bulan sehinga bulan berada di bawah bayang bumi lantaran sinar matahari terhalang  bumi.

“Saat terjadi dua gerhana tersebut kita dianjurkan untuk mengerjakan dua rakaat salat sunat baik saat gerhana bulan atau khusuf, maupun saat gerhana matahari atau kusuf, seperti yang akan terjadi sekarang ini diamana gerhana bulan di mulai pukul 18.48 hinga 19.51 untuk gerhana parsial dan pukul 19.51 samapai pukul 21.07 adalah puncak gerhana total,” kata H. Junni

Beliau juga mengatakan hukum salat sunat gerhana baik kusuf maupun khusuf adalah sunnah muakad artinya salat sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan berjamaah.

“Pelaksanaan salat sunnah gerhana baik khusuf maupun kusup sama dengan pelaksanaan salat idul fitri maupun idul adha di awali dengan salat dua rakaat kemuadian di susul khutbah hanya bedanya setiap du rakaat salat sunat gerhana dilakukan 2 kali ruku’,” jelas Ka Kemenag Lebong.

Kemudian di lanjutkan salat sunnah gerhana dengan yang di imami oleh Imam Masjid Agung Sultan Abdulah Ustad Nanang Tantowi dan yang bertindak sebagai Khotib adalah Ustad Yusuf Syaugi pimpinan Pondok Pesantren Darul Ampel Kabupaten Lebong. Ustad Yusuf  menerangkan tentang hikmah salat gerhana yang meruapakan rasa tunduk kepada keagungan Sang Pencipta Allah SWT yang menunjukan bawa ada kekuatan yang maha agung di luar batas kemampuan manusai walau pun manusia yang paling paham ilmu alam sekalipun.  

Salat gerhana tersebut diikuti para Kepala Kantor dan para Kepala FKPD Pemerintah Daerah Kabupaten, Ketua MUI kabupaten Lebong sereta Kasubag TU dan para Kasi di Lingkungan Kantor Kemenag Lebong serta masyarakat sekitar. (Bibin)

Bagikan :