Tingkatkan Kelestarian Lingkungan Madrasah, OSIM MTsN 2 Mukomuko Rawat Green House

Tingkatkan Kelestarian Lingkungan Madrasah, OSIM MTsN 2 Mukomuko Rawat Green House

Mukomuko (Inmas), Pada hari Sabtu (27/01/2018) para siswa yang masuk dalam anggota Organisasi Siswa Intra Madrasah melaksanakan kegiatan perawatan green house.

Hal itu dilakukan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kenyamanan di Madrasah, terlebih MTsN 2 Mukomuko sudah mendapat penghargaan sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten Mukomuko.

Kegiatan tersebut dipusatkan di area green house atau sering orang menyebut rumah hijau.  Keberadaan green house di lingkungan madrasah dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran bagi para siswa. Di antaranya siswa bisa dengan mudah mengenali berbagai spesies tanaman dan bisa melakukan praktikum khusus pelajaran biologi.

Saat diwawancarai di area green house, Yuliana Wulandari salah satu anggota OSIM menyampaikan bahwa ia dan rekan-rekan sudah menyiapkan bibit-bibit tanaman holtikultura untuk ditempatkan ke dalam green house.

“Banyak, ada oncang, sledri, kunyit, lengkuas, jahe, kumis kucing, lidah buaya, bayam, sambiloto, dan temulawak.,” jelas Yuliana.

Selain menyediakan bibit-bibit baru, OSIM juga melakukan perawatan tanaman yang sudah ada dan melakukan aksi bersih-bersih di area sekitar green house.

Dengan melibatkan siswa dan seluruh warga madrasah dalam setiap kegiatan serupa harapannya dapat meningkatkan kesadaran lebih untuk melestarikan lingkungan yang nantinya akan berdampak pada terwujudnya lingkungan madrasah yang berwawasan lingkungan. (Muhtohar)

Bagikan :