Ka. MIS Nurul Huda Belumai, Ajak Siswa Cintai Lingkungan Melalui Pramuka

Ka. MIS Nurul Huda Belumai, Ajak Siswa Cintai Lingkungan Melalui Pramuka

Rejang Lebong (Inmas) -- Pramuka merupakan sebuah kegiatan organisasi pendidikan non formal yang memiliki konsep yang baik dan tersusun rapi. Selain itu, pramuka juga memberikan manfaat yang besar kepada anak baik secara langsung ataupun tidak langsung. Tidak heran lagi jika Pramuka sekarang digalakkan di sekolah dan dipandang sebagai kegiatan yang bagus bagi anak dan merupakan kebutuhan bagi anak dalam meluangkan waktu dengan kegiatan yang positif. Kegiatan Pramuka tidak hanya mempelajari baris-berbaris saja tapi banyak juga penerapan pembelajarananya berbasis alam dan terdapat hubungan antara materi pembelajaran dikelas.

Menurut Muhammad Ramli, S.Pd.I Selaku Kepala MIS Nurul Huda Belumai beliau menyatakan “Kegiatan pramuka ini kami wajibkan kepada seluruh siswa dari kelas III-VI yang berjumlah sekitar 58 orang, Dengan Jadwal kegiatan setiap hari jumat jam 14.00-16.00 Wib. pembiayaan kegiatan pramuka ini kami anggarkan dari dana Bantuan Oprasional Sekolah (BOS). Dengan harapan para pelatih dapat optimal menjalankan tugasnya selaku pembina pramuka di madrsah kami ini”.

 “Pramuka ini bukan sekedar kegiatan berupa permainan semata, melainkan terdapat juga pembelajaran yang mempelajari tantang cinta terhadap lingkungan, dengan harapan siswa mampu mengembangkan kecintaannya terhadap lingkungan sekitar. karena kegiatan pramuka ini dominan dilaksanakan di luar kelas” jelas ramli.
Ditemui saat melakukan pembinaan menurut pembina pramuka Anang Mezianto “Kegiatan Pramuka yang kami lakukan ini tidak hanya fokus mempelajari teori saja, tetapi kami juga menerapkan program pembelajran cinta alam, dengan kegiatan rutin melakukan perawatan dan pemupukan terhadap tanaman - tanaman yang berada dilingkungan sekolah. Dengan tujuan nantinya siswa mampu terbiasa melakukan kegiatan menjaga dan merawat lingkunganya dirumah masing -masing”. (Aan)

Bagikan :