Tingkatkan Motivasi Belajar Dan Psikomotor Siswa, Guru IPA MTsN 2 Mukomuko Adakan Praktikum

Tingkatkan Motivasi Belajar Dan Psikomotor Siswa, Guru IPA MTsN 2 Mukomuko Adakan Praktikum

Mukomuko (Inmas), Salah satu upaya untuk memotivasi dan mengembangkan hasil belajar psikomotor siswa khususnya pada mata pelajaran IPA adalah dengan penerapan pembelajaran praktikum.

Dengan adanya kegiatan praktikum siswa akan mendapat kesempatan untuk menyaksikan gambaran secara langsung dalam keadaan yang nyata tentang apa yang diperoleh dalam teori dan terjadi kontak inderawi (tidak hanya melalui media visual saja).

Seperti halnya yang dilakukan sejumlah siswa kelas VIII A MTsN 2 Mukomuko pada saat jam pelajaran IPA. Dengan dibimbing guru mata pelajaran yang bersangkutan, para siswa melakukan praktikum tentang penyelidikan transportasi cairan pada tumbuhan, Senin (15/01/2018).

“Bahan dan peralatan praktikum yang harus disediakan siswa di antaranya tanaman, silet, pewarna eosin (boleh tinta),” kata Sumardiyati, S.Pd selaku guru bidang studi IPA.  Selain itu, bahan dan peralatan lain yang tersedia di meja praktik masing-masing kelompok yaitu gelas kimia (3 buah), ember, tanaman pacar air, dan air.

Dengan cermat, teliti, dan hati-hati para siswa melakukan percobaan sesuai intruksi dari guru pembimbing dengan berpedoman pada buku penunjang yang ada. Mula-mula siswa mencuci akar tanaman pacar air dan memotongnya menjadi 3 bagian yaitu akar dan batang (tanpa daun), batang (tanpa akar dan daun), dan batang dan daun (tanpa akar).

Selanjutnya siswa memasukkan potongan tanaman tersebut ke masing-masing gelas kimia yang telah berisi air dan eosin dan dilanjutkan dengan mengikuti langkah-langkah berikutnya.

Di akhir praktikum siswa ditugaskan oleh guru untuk mencatat hasil pengamatan. Harapannya, dengan memfasilitasi siswa untuk praktikum, mereka akan meningkat motivasi belajarnya dan dapat membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan memahami pengetahuan baru dengan bimbingan guru yang berperan sebagai fasilitator. (Muhtohar)

Bagikan :