KUA Kota Manna Tolak Pendaftaran Catin

KUA Kota Manna Tolak Pendaftaran Catin

Bengkulu Selatan (Inmas), KUA Kota Manna dibawah Kepala KUA Etrisno, M.HI melakukan penolakan pendaftaran Calon Pengantin terhadap Ali Imran dan Kurnia Dewi Putri yang merupakan warga kecamatan Kota Manna. 

Penolakan Nikah ini dilatarbelakangi oleh usia calon pengantin laki-laki yang belum memenuhi syarat sesuai dengan Peraturan Mentri Agama no 11 tahun 2007, tentang pencatatan nikah BAB.IV pasal 8 yang menyebutkan dalam bahwa Apabila  seorang calon suami belum mencapai umur 19 tahun dan seorang calon istri belum mencapai umur 16 tahun harus mendapat dispensasi dari pengadilan.

Dalam kasus ini tercatat sesuai dengan akta kelahiran calon pengantin pria masih berumur 18 tahun dan dinyatakan belum memenuhi syarat sedangkan calon pengantin perempuan berumur 19 tahun dan telah memenuhi syarat.

Sesuai Peraturan Mentri Agama no 11 tahun 2007 tersebut maka atas dasar PMA tersebut KUA Kota Manna mengeluarkan blanko N9 penolakan  pernikahan ditunjukan kepada Pengadilan Agama Bengkulu Selatan untuk selanjutnya oleh calon pengantin terlebihdahulu mengurus surat dispensasi dari Pengadilan Agama. Setelah diterbitkan putusan Pengadilan Agama barulah Pihak KUA dapat memproses lebih lanjut untuk mendaftarakan catin tersebut ketahapan selanjutnya.

Berkaitan dengan hal ini Etrisno berharap kedepan dapat melakukan sosialisasi tentang PMA no.11 tahun 2017 tersebut kepada masyarakat sehingga masyarakat dapat memahami tentang aturan pernikahan yang ada, dan lebih jauh dengan disosialisasikannya peraturan tersebut dapat menekan pula angka pernikahan dibawah umur. (Suryana,Dina)

Bagikan :