Momentum HAB, Ka. KUA Curup Tengah Deskripsikan Riwayat Singkat Kankemenag Kabupaten Rejang Lebong

Momentum HAB, Ka. KUA Curup Tengah Deskripsikan Riwayat Singkat Kankemenag Kabupaten Rejang Lebong

Rejang Lebong (Inmas) -- Dalam rangka HAB Kementerian Agama RI yang ke 72 tahun 2018 Kepala KUA Kecamatan Curup Tengah Supianto,S.Ag,MHI mendiskripsikan atau menulis Riwayat Singkat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong Propinsi Bengkulu.

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong yang sebelumnya bernama Departemen Agama Kabupaten Rejang Lebong, berdasarkan dokumen yang ada bahwa keberadaan Kantor Kementerian Agama sudah ada sejak tahun 1950. Yang menjabat sebagai kepala pertama adalah Bapak Abdul Hamid Pangeran Alam, beliau menjabat dari tahun 1950 sampai tahun 1961.

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong pada awalnya beralamat di Jalan Imam Zam Kelurahan  Pasar Baru Curup yang merupakan kediaman dari Bapak Abdul Hamid Pangeran Alam. Pada tahun 1961 berpindah alamat ke jalan Merdeka Curup (depan Masjid Jamik Curup) berkantor di rumah Bapak H. Zaini Kemaja (Alm) yang pada saat itu menjabat sebagai kepala pada saat itu adalah Bapak H. Rusli Ishaq, BA dari tahun 1961 sampai tahun 1966, kemudian dari tahun 1967 sampai tahun 1981 kepala kantor dijabat oleh Bapak Moch. Amli, BA (Alm).

Selanjutnya pada tahun 1981 itu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong pindah ke Jalan S. Sukowati Curup hingga sekarang, oleh karena pada tahun itu telah dibangun Kantor dan Rumah Dinas yang permanen, melalui Anggaran Tahun 1980/1981, dengan pimbagpro Bapak Parjono dan diresmikan langsung oleh Kepala Kanor Wilayah Departemen Agama Propinsi Bengkulu saat itu, yakni Bapak Hamdani Baki pada tanggal 21 Maret 1981.

Dalam kurun waktu dari tahun 1981 sampai sekarang Kantor Kementerian AgamaKabupaten Rejang Lebong telah beberapa kali berganti pimpinan/kepala, yakni Bapak Drs. H. Amir . Hamzah, kemudian digantikan oleh Bapak Drs. H. Muktaridi Baijuri, lalu diganti oleh Bapak Drs. H. Thobari Mu’ad, selanjutnya digantikan oleh Bapak Drs. H. Sutan Bahari, kemudian dijabat oleh Bapak Drs. H. Sukiman. AS, lalu digantikan oleh Bapak Drs. H. Iswandi .D, setelah itu digantikan oleh Bapak Drs. H.M. Ch. Naseh, M.Ed, selanjutnya  kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong dijabat oleh Bapak Drs. H. Tasri, MA hingga sekarang. (Supianto)

Bagikan :