Kemenag Mukomuko Gelar Upacara HAB ke 72

Kemenag Mukomuko Gelar Upacara HAB ke 72

Mukomuko (Inmas), Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Mukomuko, menggelar upacara peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-72 yang dilaksanakan di Lapangan Kantor Kemenag Mukomuko, Rabu (3/1/2018) sekitar Pukul 08.30 WIB.

Kepala Kemenag Mukomuko Drs.H. Ajamalus, MH bertindak langsung sebagai inspektur upacara peringatan HAB ke-72 dengan peserta seluruh kepala Madrasah sekabupaten Mukomuko, Kepala KUA, Guru PAI, PAI Non PNS serta para siswa/i MAN, MTsN dan MIN.

Dalam sambutan Inspektur upacara, H. Ajmalus membacakan teks dari Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin, dalam kutipan sambutan diantaranya bahwa pada tujuh puluh dua tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 3 Januari 1946, Pemerintah atas usul dari Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) membentuk Kementerian Agama.

“Pembentukan Kemenag merupakan peristiwa penting dan bersejarah bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai Negara religius yang nasionalis. Kita ketahui agama tidak dapat dipisahkan dari kehidupan bangsa dan negara kita. Semangat dan motivasi keagamaan adalah sumber kekuatan kita dalam meraih kemerdekaan, mempertahankan kedaulatan nasional, dan menjaga keutuhan NKRI," ujarnya.

Hari Amal Bakti ke-72 Kemenag Tahun 2018 mengambil tema "Tebarkan Kedamaian". Tema ini dipilih karena pada hakikatnya Agama berfungsi menyemai kebaikan dan menebar kedamaian.

"Karena itu, saya mengajak seluruh ASN Kemenag dan semua komponen umat beragama di tanah air agar bersama-sama menjadi Duta Penebar Kedamaian. Marilah kita buktikan bahwa agama sesungguhnya membawa angin kesejukan yang menenteramkan. Dalam damai akan tercipta negeri yang tentram dan sejahtera," paparnya.

Dalam perayaan upacara HAB kemenag ke 72 Tahun ini juga kemenag mengumumkan sekaligus memberikan hadiah kepada peserta lomba kegiatan HAB Tingkat Kabupaten serta memberikan hadiah kepada siswa/i yang telah berprestasi dalam berbagai ajang perlombaan.

Dikatakan H. Ajamalus bahwa penyerahan hadiah ini diharapkan dapat mendongkrak semangat para siswa/i madrasah untuk terus berkarya dan berprestasi yang mampu membawa nama baik terhadap madrasah dan kementerian agama Kabupaten Mukomuko. (tisna)

Bagikan :