Natal Barumanis Menjadi Ajang Silaturahmi Antar Umat Beragama

Natal  Barumanis  Menjadi Ajang Silaturahmi Antar Umat Beragama

Rejang Lebong (Inmas) -- Dalam rangka merayakan  Natal Tahun 2017 di Kabupaten Rejang Lebong, pada hari Sabtu (09/12) Kepala Penyelenggara Kristen Ibu Minarmin Telaumbanua, S.Th  menghadiri perayaan Natal  di Gereja Kristen Injili Indonesia (GKII) Barumanis.

Ibadah Perayaan Natal di GKII Barumanis cukup menarik karena menjadi wadah silaturahmi antar umat beragama bagi masyarakat yang ada di desa Barumanis. Ibadah Perayaan Natal tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Barumanis dan para tokoh Agama Islam dan aliran Kepercayaan yang ada di Desa Barumanis. Bukan hanya Para tokoh agama dan masyarakat yang menghadiri ibadah perayaan Natal tetapi juga para anggota jemaat non-Kristen juga banyak yang menghadiri acara tersebut.

Menurut penjelasan dari Pdt. Yustus Nesimnasi, S.Th selaku Pendeta Jemaat Gereja GKII Barumanis tersebut, aliran Kepercayaan yang ada di Desa Barumanis adalah aliran Kepercayaan yang dibawa dari daerah Pulau Jawa sejak jaman Presiden Soekarno memerintah Bangsa Indonesia. Aliran Kepercayaan tersebut masih ada sampai saat ini dan pengikutnya juga tidak sedikit yang ada di Desa Barumanis tersebut. yang menjadi ciri khas aliran ini adalah bahwa mereka mempunyai salam tersendiri untuk menyapa, yaitu dengan ungkapan ‘Salam Waras’.

Ibadah Perayaan Natal tersebut dilayani oleh Pendeta (Pdt) Frans Ludji, MA. dengan Tema:“Natal Menuntun Kita Kepada-Nya (Matius 2:1-12)” Pdt. Frans menjelaskan bahwa “Dengan pertolongan dan kehendak Tuhanlah kita dituntun untuk datang kepada Tuhan, supaya kita memperoleh Anugrah Keselamatan”

Acara terlaksana begitu meriah karena diisi dengan berbagai tari-tarian dari anak-anak Sekolah Minggu (SM), Remaja, Pemuda, kaum Wanita, kaum Bapak dan bahkan para Usia  Lanjut (Lansia) juga ikut mengisi acara dengan tari-tarian. Suasana sukacita terlihat dalam penampilan-penampilan yang di tampilkan dalam acara perayaan. Acara Bejalan dengan baik dan aman karena pengamanan dibantu dari pihak Kepolisian Polres Rejang Lebong.

Melalui perayaan Natal tersebut, ibu Minarmin berharap bahwa seluruh Jemaat di GKII Barumanis dapat terus menjaga keakraban dan keharonisan antar umat beragama yang ada di desa Barumanis.  (Yoel)

Bagikan :
Lihat Lainya dalam Kategori : Bimbingan Masyarakat Kristen
Alamat Kantor
  • Kementerian Agama
  • Kantor Wilayah Bengkulu
  • Jl. Jenderal Basuki Rahmat No. 10 Bengkulu 38221
  • Telp. (0736) 21097 21597 344602 28123
  • Fax. (0736) 21597
  • http://bengkulu.kemenag.go.id
  • Email: kanwilbengkulu@kemenag.go.id
Facebook Pages
Twitter