Kepala Kemenag BS : “Ada SIMKAH, Buku Nikah Jangan Ditulis”

Kepala Kemenag BS : “Ada SIMKAH, Buku Nikah Jangan Ditulis”

Bengkulu Selatan (Inmas), Sebanyak 6 peralatan Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) yang terdiri dari Laptop dan Printer dibagikan kepada 6 KUA. Penyerahan secara resmi langsung dilakukan oleh Kepala Kantor Kemenag Bengkulu Selatan H.Arsan S Ibrahim.M.HI di Kantor Kemenag yang didampingi oleh Kepala Sub. Bag TU Drs.H.Jasman.M.HI dan Kasi Bimas Islam Drs.Midi Saherman.M.HI.

Dalam kesempatan tersebut H. Arsan mengingatkan kepada 6 KUA yang telah menerima peralatan SIMKAH agar tidak lagi mengeluarkan buku nikah manual atau yang ditulis tangan. "Semuanya harus diketik dan dicetak dengan menggunakan peralatan SIMKAH yang sudah diterima dan laporannya juga akan masuk secara otomatis secara online" terang H.Arsan.

"Tahun depan Inshaa Allah 5 KUA akan menyusul untuk menerima peralatan SIMKAH, sehingga administrasi dapat berjalan sebagaimana seharusnya," tambah H.Arsan.

Enam KUA yang telah menerima peralatan tersebut antara lain yaitu KUA Kota Manna, KUA pasar Manna, KUA Seginim, KUA Bunga Mas dan KUA Kedurang. H.Arsan berharap peralatan yang telah diterima oleh KUA ini nantinya dapat dirawat dengan baik dan dimaksimalkan penggunaannya. 

“Kedepan kita berharap pengeluaran buku nikah dapat terintegrasi ke Dinas Dukcapil, sehingga status pengantin yang tadinya jejaka atau gadis dapat berubah secara otomatis menjadi menikah,"harap Ka.Kan Kemenag. Dengan demikian sambung H.Arsan data status penduduk sudah menikah bisa diketahui dengan cepat dan tepat.(Dina) 

Bagikan :