MTsN 2 Mukomuko Laksanakan Upacara Peringatan HGN

MTsN 2 Mukomuko Laksanakan Upacara Peringatan HGN

Mukomuko (Inmas), Bertempat di halaman MTsN 2 Mukomuko, Selasa (28/11/2017) para guru, staf, dan siswa melaksanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional ke 72 yang jatuh pada tanggal 25 November 2017.

Upacara yang rencana awalnya akan dilaksanakan hari Senin itu berlangsung dengan tertib. Adapun yang bertindak sebagai petugas upacara adalah para dewan guru.

Dalam amanatnya, mewakili Kepala Madrasah, Drs. Sholeh Noor menyempatkan diri untuk membacakan Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI yang bertema “Membangun Pendidikan Karakter melalui Keteladanan Guru.”

Dalam pidato tersebut Muhajir Efendi berpesan agar guru tetap menjalankan kinerjanya secara profesional dan semangat untuk menjadi guru teladan bagi para siswa.

Di akhir amanatnya, Drs. Sholeh berpesan kepada para peserta upacara untuk sama-sama memaknai rangkaian kalimat penuh makna yang dicetuskan oleh Ki Hajar Dewantara. Ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani.

“Kelas IX harus bisa ing ngarso sung tulodo kepada kelas VIII. Kelas VIII harus bisa ing ngarso sung tulodo kepada kelas VII. Begitu juga bapak dan ibu guru, harus bisa ing ngarso sung tulodo kepada para siswa,” paparnya.

Usai upacara, MTsN 02 Mukomuko mengadakan beberapa kegiatan lomba bersama para siswa di antaranya lomba menyanyi, bola voli, futsal, dan lain-lain.

“Melalui momen ini semua berharap semoga pendidikan di Indonesia dapat lebih maju dengan didukung kerja sama antar satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat untuk mengobarkan Gerakan Nasional Revolusi Mental. Senada dengan apa yang sudah menjadi cita-cita para pejuang pendidikan pendahulu kita,” Sholeh. (tisna)

Bagikan :