Ka MIS Guppi RL : Kerjasama UKS dan Puskesmas Harus Terus Jalan

Ka MIS Guppi RL : Kerjasama UKS dan Puskesmas  Harus Terus Jalan

Rejang Lebong (Inmas) -- Kepala Madrasah Ibtidaiyah Guppi No. 13 Rejang Lebong mengatakan bahwa  kerjasama Unit Kesehatan Sekolah  dan puskesmas harus tetap berjalan.  Hal ini disampaikan oleh Nurlelawati,S.Ag.M.pd pada acara penyuntikan TD  dan sosialisasi Aids  pada hari Kamis (23/11)  di Ruangan UKS Mis Guppi No.13 Tasik Malaya Kabupaten Rejang Lebong.

Menurut Kepala  MIS GUPPI 13  Kabupaten Rejang Lebong  kerjasama ini harus tetap terjaga dan terealisasi dalam kegiatan – kegiatan kesehatan sekolah, seperti kerjasama dalam bentuk obat – obatan yang dibutuhkan disekolah, kegiatan yang memerlukan dukungan dari puskesmas dan lainya.

Suntik TT dan TD merupakan suatu suntikan yang dibutuhkan pada usia sekolah kelas satu dan dua, setiap tahun puskesmas menyuntik TT untuk siswa kelas satu dan TD untuk siswa kelas dua, hal ini betujuan agar siswa / siswi disekolah terhindar dari penyakit Tetanus, Campak , rubella dan lainya. Seluruh siswa kelas satu dan kelas dua disiapkan terlebih dahulu, setiap siswa wajib sarapan sebelum disuntik.

Berdasarkan  hasil  pantauan dari pihak puskesmas  ibu Ari Handayani,S.Keb  siswa kelas satu  dan kelas dua belum disuntik TD hanya kelas satu yang disuntik TT,   dan semua siswa sudah sarapan sehingga bisa langsung dilakukan penyuntikan, dan penyuntikan ini juga sudah mendapat  persetujuan  dari seluruh wai murid yang sebelumnya sudah dibagikan kepada siswa.

Selain penyuntikan TT dan TD, UKS dan pihak uskesmas juga adakan sosialisasi Aids sejak dini kepada siswa kelas lima dan Enam, hal ini bertujuan agar para siswa lebih berhati – hati dalam bersosialisasi dengan teman sejwatnya dan dengan membekali pengetahuan tentang aids sejak dini, siswa diharapkan tidak terjerumus dengan penyakit Aids di masa yang akan dating.

Kepala sekolah Mis Guppi No.1 3 Tasik Malaya sangat mendukung adanya kegiatan seperti ini, karena kesehatan merupakan salah satu factor keberhasilan dalam belajar, dengan  kerjasama yang terus terjalin antar puskesmas dan UKS mis Guppi Tasik Malaya akan mewujudkan siswa yang sehat dan cerdas. (Desi)

Bagikan :