PAI Kantor Kemenag RL Siap Ikut Mengawasi Pelaksanaan Pemilu

PAI Kantor Kemenag RL Siap Ikut Mengawasi Pelaksanaan Pemilu

Rejang Lebong (Inmas) -- Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong Drs. H. Tasri, MA yang diwakili oleh Penyuluh Agama Islam (PAI) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong Irsan Sidik, S.Ag, menghadiri undangan Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten rejang yang menggelar kegiatan sosialisasi pengawasan pemilihan umum (Pemilu) partisipatif dengan komponen masyarakat. 

Kegiatan ini dikuti oleh Peserta  kelompok pengajian dan organisasi masyarakat. Yang berlangsung di kantor panitia pengawas pemilu kabupaten rejang lebong, (23/11).

Irsan sidik mengatakan, bahwa berdasarkan hasil mengikuti kegiatan sosialisasi pemilu tersebut adalah Panwaslu mengajak peran aktif masyarakat dalam mengawasi pelaksanaan Pemilu 2019. Pasalnya saat ini tahapan Pemilu 2019 sudah di mulai, yaitu pendaftaran partai politik (parpol) dan verfikasi faktual parpol.

“Mengingat Pemilu 2019 sangat besar dan luas cakupannya, tentu Panwaslu tidaklah cukup mampu melakukan pengawasan tersebut. Karenanya keterlibatan dan peran aktif masyarakat untuk ikut mengawasi Pemilu akan sangat membantu terwujudnya Pemilu yang jujur dan adil,” kata Irsan Sidk.

Ia juga menambahkan pengawasan partisipatif itu merupakan upaya pencegahan terjadinya pelanggaran Pemilu atas partisipasi masayarakat dengan mempersempit ruang gerak bagi yang ingin melakukan pelanggaran, “Pungkasnya Irsan. (Halim)

 

Bagikan :