PAI Kemenag RL Siswa MTs Harus Menjadi Pemuda Yang Tangguh

PAI Kemenag RL Siswa MTs Harus Menjadi Pemuda Yang Tangguh

Rejang Lebong (Inmas) -- Penyuluh Agama Islam (PAI) Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong Irsan sidik, S.Ag bersama Kepala Kemenag Rejang Lebong Drs. H. Tasri, MA dan Kasat Bimas Polres Rejang Lebong melakukan penyuluhan masalah pemuda di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Fatah dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2  rejang lebong.

Irsan Sidik Mengatakan, Pemuda yang tangguh adalah  yang bisa menggunakan masa mudanya untuk hal-hal yang bermanfaat. Melaksanakan perintah agama dan dapat menjauhi larangan agama, dapat mempersiapkan dirinya hidup mandiri untuk kelangsungan kehidupan di masa yang akan datang. Mampu menjaga nama baik diri sendiri, keluarga, dan masyarakat pada umumnya. Dalam kehidupan sehari-hari selalu mempertimbangkan asas manfaat dan madharat (efek nagatif dan tidak mementingkan diri sendiri

Kriteria sosok pemuda yang menjadi harapan sebagai penerus masa depan bangsa kita yaitu, pertama, ia harus berjiwa spiritualis. Maksudnya, setiap tingkah lakunya di jalankan dengan penuh kehati-hatian dan ketaqwaan kepada sang pencipta.

Ia tidak berani menyia-nyiakan masa mudanya dengan aktivitas keduniawian yang melalaikan. Ia menyadari dirinya telah dianugerahi akal yang luar biasa untuk berpikir sehingga selalu memberdayakan akal itu menjadi sebuah kreatifitas yang berwujud karya dan prestasi. Rasa syukur atas nikmat Tuhan itu yang selalu mengiringi langkahnya.

Yang kedua, seorang pemuda haruslah memiliki kapasitas intelektualitas yang tinggi yang mampu memiliki daya saing dengan pemuda lainnya terlebih dengan bangsa lain. Hari-harinya dipenuhi dengan aktifitas mencari ilmu, ia tidak pernah terpuaskan dengan apa yang diperolehnya hari ini. Bahkan ia merasa dirinya masih sangat kekurangan ilmu, sehingga ia selalu mencari jalan bagaimana agar dirinya memperoleh pengetahuan baru tiap harinya.

Ketiga, ialah pemuda-pemuda yang berpikir visioner atau mau berpikir jauh ke arah masa depan, ia mampu menjadi pionir bagi pemuda-pemuda lain dalam bergerak. Dalam berinteraksi dengan lingkungannya senantiasa memiliki ide-ide inovatif dan brilian untuk diterapkan.

Yang keempat, pemuda yang memiliki karakter yang kuat, Pemuda yang memiliki kepribadian yang tidak mudah mengeluh, tidak gampang menyerah dan pantang menjadi beban bagi orang lain. Kehidupannya ia jalani dengan penuh kesederhanaan meskipun ia mampu melakukan lebih”, Pungkas Irsan.  (Halim)

 

Bagikan :