Ka.KUA Pondok Kelapa Benteng Apresiasi Ngaben Sebagai Aktualisasi Ketaatan

Ka.KUA Pondok Kelapa Benteng Apresiasi Ngaben Sebagai Aktualisasi Ketaatan

Benteng (Inmas)- Ngaben adalah salah satu upacara ritual keagamaan umat hindu dalam prosesi pengurusan jenazah yakni pembakaran mayat, seperti nampak di balai kremasi dan tempat prosesi Ngaben desa pekik nyaring kecamatan Pondok Kelapa (14/11) digelar upacara Ngaben dari desa Sunda Kelapa.

 

    Diiringi oleh ratusan umat hindu desa Sunda Kelapa mayat diantarkan menuju tempat prosesi ngaben untuk dilaksanakan upacara ngaben, menurut Kepala Desa Sunda Kelapa Karyo upacara ngaben hanya mampu dilakukan oleh masyarakat hindu yang memiliki kecukupan harta.

    Upacara ngaben dipimpin oleh tokoh agama hindu desa sunda kelapa kecamatan pondok kelapa kabupaten Bengkulu Tengah I Gede Sugiharto didampingi oleh pemuka agama, pemuka masyarakat hindu serta keluarga penyelenggara upacara Ngaben.

    Upacara ngaben dilaksanakan sebagai wujud kecintaan keluarga yang ditinggalkan oleh mayit,  dan pelaksanaan ngaben dapat dilaksanakan saat ada kematian atau setelah ahliwaris memiliki dana untuk pelaksanaan Ngaben.

    Kepala KUA Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah Mintarno, SHI, MHI mengapresiasi pelaksanaan ngaben diwilayahnya karena ngaben merupakansalah satu aktualisasi ketaatan hamba terhadap tuhannya, dengan tetaatan yang tinggi maka toleransi inter dan antar umat beragama terwujud. (Amin)

 

Bagikan :