Masjid AL Huda Terpilih Sebagai Masjid Teladan Kecamatan SAM

Masjid AL Huda Terpilih Sebagai Masjid Teladan Kecamatan SAM

Seluma (Inmas) -- Masjid adalah Pusat ibadah Umat Islam dan di harapkan juga menjadi pusat Kegiatan belajar mengajar masyarakat tentang ilmu agama Islam. Memakmurkan masjid adalah salah satu tantangan yang diharapkan mampu menangkis pengaruh negatif yang muncul seiring perkembangan zaman. Oleh sebab itu belum lama ini Kepala KUA Semidang Alas Maras, Marlius Putra, M.Hi bersama tim melakukan penilaian di semua masjid yang ada di Kecamatan Semidang Alas Maras.

Menurut Marlius, Banyak aspek yang menjadi penilaian dalam pemilihan Masjid teladan, penilain ini terdiri dari beberapa aspek, tidak hanya dari ke indahan lingkungan Masjid dan keberadaan jamaah yang hadir, namun kepengurusan menjadi salah satu aspek penilaian. Disamping itu ada aspek yang tidak kalah pentingnya, diantaranya ada aspek Idaroh yakni tata kelola administrasi kemasjidan yang baik, Imaroh yakni kegiatan-kegiatan keagamaan yang ada di masjid, dan Ri’ayah yakni keadaan lingkungan dan sarana prasarana yang mendukung kegiatan masjid.

“Selain ketiga aspek wajib tersebut hendaknya setiap masjid juga menjalankan program ekonomi kemasjidan sehingga kemakmuran masjid terus meningkat” tambah Marlius.

Melalui berbagai pertimbangan dan penilaian, akhirnya tim dari KUA Kecamatan Semidang Alas Maras memilih Masjid Al-Huda Desa Tedunan sebagai Masjid Teladan tingkat Kecamatan Semidang Alas Maras tahun 2017 sesuai dengan kriteria yang di sebutkan di atas walaupun masih banyak kekurangan yang perlu di benahi di tahun-tahun yang akan datang, demikian Marlius.

Bagikan :