Siswi MAN 1 Mukomuko Ikuti Sosialisasi Kesehatan Reproduksi

Siswi MAN 1 Mukomuko Ikuti Sosialisasi Kesehatan Reproduksi

Mukomuko (Inmas) -- 45 siswi MAN 1 Mukomuko mengikuti sosialisasi kesehatan reproduksi wanita yang diadakan oleh tenaga kesehatan Puskesmas Ipuh. Kegiatan sosialisasi kesehatan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan di MAN 1 Mukomuko atas kerjasama dengan Puskemas Ipuh.

Sosialisasi yang diadakan Selasa, (07/11) mengangkat tema tentang "Kesehatan Reproduksi Wanita". Tema ini sengaja diangkat mengingat makin banyaknya wanita yang mengalami kanker reproduksi seperti Kista, Miom dan Serviks.

Berdasarkan keterangan dari tenaga kesehatan Puskesmas Ipuh Ibu Sri Haryani, A. Md. Keb. semua siswi MAN 1 Mukomuko masih belum mengetahui penyakit yang bisa timbul pada reproduksi wanita dan akibatnya.

Selain itu, siswi MAN 1 Mukomuko yang hadir mengikuti sosialisasi tersebut juga belum memahami bagaimana menjaga kesehatan reproduksi wanita. Hal ini terbukti ketika tenaga kesehatan menanyakan tentang bagaimana perawatan alat reproduksi yang baik.

Tema yang diangkat oleh tenaga kesehatan Puskesmas Ipuh dengan MAN 1 Mukomuko merupakan pilihan yang tepat mengingat minimnya pengetahuan siswi MAN 1 Mukomuko tentang kesehatan reproduksi wanita.

Menurut beberapa siswi yang turut hadir mengikuti sosialisasi tersebut, sosialisasi ini sangat bermanfaat baginya dan siswi yang lain. Menurutya, selama ini tidak mengatahui bahaya penyakit reproduksi dan penyebabnya.

Penyebab penyakit repduksi wanita sangat beragam dan sangat dekat dengan keseharian para wanita mulai dari pola hidup hingga bumbu makanan yang rutin digunakan juga merupakan salah satu penyebab timbulnya penyakit reproduksi pada wanita.

Selain sosialisasi, tim dari Puskesmas Ipuh juga membagikan tablet penambah darah FE (Ferrous Funarete). (J88)

Bagikan :