PKM Kecamatan Ipuh Adakan Penyuluhan Tablet Tambah Darah Untuk Siswa MTsN 1 Mukomuko

PKM Kecamatan Ipuh Adakan Penyuluhan Tablet Tambah Darah Untuk Siswa MTsN 1 Mukomuko

Mukomuko (Inmas) -- Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Kecamatan Ipuh kembali mengadakan penyuluhan terhadap siswa MTsN 1 Mukomuko. Penyuluhan yang diselenggarakan di Aula MTsN 1 Mukomuko tersebut, kali ini berkenaan dengan pembagian tablet tambah darah dan  kegiatan inspeksi Kesehatan Lingkungan di Sekolah.

Adapun petugas kesehatan yang datang ke MTsN 1 Mukomuko dalam kegiatan hari ini Rabu, 8 November 2017 adalah Limarce Pentasti yang bertugas sebagai penyaluran Tablet Tambah Darah, Desi Gustina bertugas sebagai pelaksana inspeksi Kesehatan Lingkungan Sekolah dan Sri Haryani sebagai pemberi penyuluhan tentang tablet tambah darah terhadap remaja putri.

Dalam paparannya Ibu Sri haryani mengatakan bahwasannya pembagian tablet tambah darah  bagi remaja putri ini bermanfaat untuk meminimalisir resiko terkena penyakit kekurangan zat besi dan penanggulang anemia bagi remaja putri.

Anemia gizi adalah kekurangan kadar hemoglobin dalam darah yang disebabkan karena kekurangan zat gizi yang diperlukan untuk pembentukan Hemoglobin tersebut. Remaja Putri adalah masa peralihan dari anak menjadi dewasa, ditandai dengan perubahan fisik dan mental. Perubahan fisik ditandai dengan berfungsinya alat reproduksi seperti menstruasi pada usia 10-19 tahun. ungkapnya.

Lebih lanjut beliau menjelakan adapun tujuan dari pembagian tablet tambah darah pada remaja putri ini agar terhindar dari penyakit anemia, karena akibat dari penyakit anemia pada remaja putri adalah menurunnya kesehatan reproduksi, terhambatnya perkembangan motorik, mental dan kecerdasan, menurunkan kemampuan dan konsentrasi belajar, mengganggu pertumbuhan sehingga tinggi badan tidak mencapai optimal dan menurunkan tingkat kebugaran. Jelasnya dengan penuh semangat.

Kepala Madrasah  yang diwakili oleh wakil kepala urusan kesiswaan Ibu Nurhudawati, S.Pd.I, M.Pd menyampaikan ucapan terimakasih kepada tim PKM Ipuh yang telah memberi penyuluhan tentang tablet tambah darah kepada siswa MTsN 1 Mukomuko khususnya yang putri, penyuluhan ini sangat bermanfaat dan kepada siswa diharapkan untuk meminum tablet tambah darah yang telah dibagikan secara percuma oleh pihak PKM. (Remol)

Bagikan :