Kasi Penmad Kunjungi MTsN 2 Mukomuko dalam Rangka Monitoring Implementasi Kurikulum 2013

Kasi Penmad Kunjungi MTsN 2 Mukomuko dalam Rangka Monitoring Implementasi Kurikulum 2013

Mukomuko (Inmas) -- Pada hari Selasa (31/10/2017) didampingi kedua stafnya, Darmanto, SHI selaku Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mukomuko melakukan kunjungan kerja ke MTsN 2 Mukomuko. Kunjungan tersebut bertujuan untuk menanyakan sekaligus mendata kelengkapan bukti fisik instrumen monitoring implementasi Kurikulum 2013 yang dimiliki sekolah. Adapun jenis kegiatan yang terdapat pada instrumen tersebut yang perlu diisi pihak madrasah yaitu sebagai berikut:

  1. Sosialisasi Dokumen Kurikulum 2013
  2. Melakukan Analisis Bahan Ajar
  3. Menyusun Perencanaaan Model Pembelajaran dan Analisis Belajar
  4. Melakasanakan Pembelajaran Terbimbing Buku Pedoman Pembelajaran
  5. Menerapkan Kepemimpinan dalam Mengelola
  6. Membimbing Pengelolaan Pembelajaran Tematik Integral (MI)
  7. Melakukan Pelatihan Pengelolaan Pembelajaran Kontekstual dan Terpadu

Masing-masing jenis kegiatan tersebut juga memiliki unsur-unsur lainnya yang jika dijumlahkan semuanya bisa mencapai 27  data bukti fisik yang perlu diisi oleh pihak madrasah. Contoh saja kegiatan Sosialisasi Dokumen Kurikulum 2013 yang memiliki 5 bagian yang terdiri dari; Buku Rasionalisasi Kurikulum 2013, Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum, Pedoman Implementasi Kurikulum 2013, Buku Pedoman Pengelolaan, Buku Pedoman Evaluasi Kurikulum.

Selain tujuan tersebut, pada kesempatan yang sama Darmanto juga sempat menanyakan tentang kesiapan madrasah untuk menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang rencananya akan mulai diujicobakan tahun ini.

“Banyak hal yang perlu disiapkan untuk menyelenggarakan UNBK. Di antaranya operator, proyektor, dan lain-lain,” terangnya.

Selain kebutuhan perangkat elektronik dan akses jaringan internet yang perlu disiapkan dengan baik untuk menunjang kelancaran ujian tersebut, para siswa pun perlu dilatih secara khusus untuk menggunakan komputer. Hal itu dikarenakan tidak semua siswa sudah mampu dan mengenal komputer dengan baik, pungkasnya.

Kepala MTsN 2 Mukomuko, melalui wakilnya mengucapkan terima kasih atas kunjungan Kasi Pendidkan Madrasah ke MTsN 2 Mukomuko. Harapannya, hal-hal yang sempat disampaikan di sela-sela dalam kunjungan tersebut dapat berdampak positif bagi kemajuan madrasah. (tisna).

Bagikan :