DPD RI Serap Aspirasi Penyelenggaraan Haji Kemenag Bengkulu

DPD RI Serap Aspirasi Penyelenggaraan Haji Kemenag Bengkulu

Bengkulu (Inmas) Anggota Komite III Dewan Perwakilan Daerah (DPR) RI perwakilan Bengkulu, Riri Damayanti lakukan pertemuan bersama seluruh pejabat eselon III dan IV Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu guna menyerap aspirasi terkait penyelenggaraan Ibadah Haji Provinsi Bengkulu, Senin (30/10).

    Pertemuan yang dilaksanakan di Aula Kanwil Kemenag Bengkulu tersebut dipimpin langsung Kabag Tata Usaha, Drs.H.Herman Yatim, MM dengan pola dialog dan tanya jawab khusus permasalahan penyelenggaraan haji.

    Riri Damayanti yang merupakan senator termuda Indonesia itu mengatakan ada beberapa fokus pada penyelenggaraan ibadah haji yang harus menjadi perhatian bersama diantaranya peningkatan kualitas manasik haji, peningkatan pemahanan jamaah terkait sarana dan prasarana di tanah suci, jarak pemodokan jamaah, kualitas makanan jamaah sampai masalah waiting list haji yang samakin panjang.

    "Secara umum dari survai BPS dan lembaga lainnya, tingkat kepuasan jamaah terhadap penyelenggaraan haji terus mengalami peningkatan, namun ada beberapa persoalan yang  harus diperbaiki kedepan," kata gadis lulusan Fakultas Psikologi UI tahun 2013 ini.

    Ia juga mengatakan serap pendapat dari Kemenag Bengkulu nantinya akan menjadi bahan laporan ke Presiden sekaligus sebagai bahan masukan dalam rencana perumusan regulasi Penyelenggaraan Haji.

    Dari hasil diskusi dan tanya jawab yang dilakukan, ia berharap penyelenggaraan ibadah haji dari tahun ketahun akan lebih baik dan mampu memenuhi harapan masyarakat.

Catatan Hasil Diskusi :

  1. Penyaluran biaya penyelenggaraan ibadah haji khususnya biaya manasik haji terlambat sampai kedaerah sehingga berimbas pada kualitas manasik haji jamaah.
  2. Minat masyarakat untuk mengikuti manasik haji di Kantor Urusan Agama (KUA) rendah dan lebih memilih manasik bersama KBIH.
  3. Perlu adanya peningkatan sarana dan prasarana Asrama Haji Antara Bengkulu.
  4. Upaya peningkatan status Embarkasi Haji Antara menjadi Embarkasi Haji Penuh.
  5. Perlu dilakukan penambahan terkait petugas pembimbing ibadah dalam satu kloter.
  6. Sesuai dengan jumlah penduduk, perlu penambahan kuota haji Provinsi Bengkulu setidaknya 2.000 jamaah per tahun.  (jaja).

 

Bagikan :