Kakanwil Kemenag Bengkulu Bina Umat Pulau Terluar Indonesia

Kakanwil Kemenag Bengkulu Bina Umat Pulau Terluar Indonesia
Kakanwil Kemenag Bengkulu, Drs.H.Bustasar,MS,M.Pd saat membuka Tabligh Akbar di Pulau Enggano

Bengkulu (Inmas) -- Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu beserta Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu bersinergi laksanakan kegiatan pembinaan umat di daerah terluar wilayah Provinsi Bengkulu. Kegiatan yang dilaksanakan Senin (23/10) lalu berupa Tabligh Akbar yang diadakan di Masjid Desa Apoho, pusat Kota Kecamatan Kepulauan Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu.

Tabligh Akbar dilaksanakan guna memeriahkan hari Santri Nasional ke 3 tahun 2017. Selain itu kegiatan tersebut dilakukan juga dalam rangka misi dakwah sebagai salah satu tugas pokok dan fungsi Kementerian Agama untuk memberikan pembinaan kepada umat beragama, dalam hal ini umat muslim. Mengingat 70% masyarakat Kecamatan Kepulauan Enggano beragama Islam.

“Kita merasa bertanggung jawab untuk melakukan pembinaan umat di pulau ini, karena dari total 3727 jiwa penduduk pulau Enggano 2887 jiwa diantaranya beragama Islam, tentu kita perlu melakukan pembinaan umat di sini” kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu, Drs.H.Bustasar, MS. M.Pd saat memberikan sambutan dihadapan umat muslim yang menghadiri Tabligh Akbar tersebut.

Selain itu, Bustasar juga melakukan pembinaan kepada Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) dan para Penyuluh Agama Honorer (PAH) yang bertugas di Pulau Enggano. Bustasar mengapresiasi Kepala KUA dan para Penyuluh Agama yang bertugas di Pulau Enggano, karena wilayah kerjanya yang berada di daerah terluar wilayah Indonesia.

(Kakanwil Kemenag Bengkulu Drs. H. Bustasar, MS, M.Pd saat memberikan pembinaan kepada Kepala KUA dan Penyuluh Agama Kecamatan Enggano, Senin (23/10) lalu)

“Saya yakin tugas mereka cukup berat, karena kita tahu Pulau Enggano merupakan salah satu pulau terluar yang terletak cukup jauh di Samudera Indonesia. Sarana dan prasarana juga masih sangat minim untuk menunjang tugas-tugas mereka, karena itu Saya sangat bangga dan mengapresiasi Kepala KUA dan para Penyuluh Agama yang bertugas di sini” kata Bustasar. (Aji)

Bagikan :