Kantor Kemenag Mukomuko Jalin Kerjasama Dengan Polres Untuk Berantas Pungli

Kantor Kemenag Mukomuko Jalin Kerjasama Dengan Polres Untuk Berantas Pungli

Mukomuko (Inmas) -- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) kabupaten Mukomuko selalu konsen melakukan pemberantasan pungutan liar (pungli) dijajarannya guna untuk mewujudkan tata pemeritahan yang bersih berwibawa, menjauhi korupsi dan akuntibel dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Hal ini salah satunya diwujudkan dalam bentuk kerja sama antar Kantor Kemenag kabupaten Mukomuko dengan Polres dan Tim Saber Pungli kabupaten Mukomuko dengan mengikut sertakan semua pejabat, kepala madrasah dan kepala KUA kecamatan sebagai peserta.

Kegiatan kerjasama ini dilaksanakan beberapa waktu yang lalu dengan mendatangkan wakil polres sebagai nara sumber. Dalam materinya waka polres menjelaskan secara rinci jenis-jenis yang termasuk pungli dan akibat buruk dari perlakuan pungli ditengah masyarakat.

Dijelaskan waka polres bahwa pungli termasuk dalam ranah pidana, bisa pidana khusus juga bisa termasuka pidana umum bagi pelakuknya. Pungli adalah pungutan yang dilakukan oleh seseorang yang tidak memiliki dasar hukum atas pungutan tersebut. Oleh karenanya pelakunya dapat dijerat dengan hukum pidana.

Pada kesempatan itu Kepala Kantor Kemenag Mukomuko Drs. H. Ajamalus, MH berharap dengan adanya kerjasama dalam memberantas pungli ini akan timbul kesadaran dan komitmen bagi pejabat dan aparatur dijajaran Kantor Kemenag Mukomuko untuk menghindari dan mejauhi pungli yang dapat merusak tantanan kehidupan dimasyarakat dan dapat merusak nama baik Kementeria Agama secara keseluruhan. harapnya. (tisna)

Bagikan :