Cegah Penyakit, MAN 1 Mukomuko Datangkan Tenaga Kesehatan

Cegah Penyakit, MAN 1 Mukomuko Datangkan Tenaga Kesehatan

Mukomuko (Inmas), MAN 1 Mukomuko mendatangkan tenaga kesehatan dari Puskesmas Ipuh untuk mengadakan pemeriksaan kesehatan siswa kelas X. Pemeriksaan dilakukan untuk mendeteksi penyakit yang dialami siswa sejak dini.

Tenaga kesehatan didatangkan dari Puskesmas Ipuh berjumlah enam orang. Pemeriksaan dilakukan di ruang UKS dan didampingi oleh Pembina UKS Ibu Rusminah, S. Pd. I dan Ibu Delti Selvia, S. ST.

Pemeriksaan yang dilakukan adalah pemeriksaan fisik meliputi, pemeriksaan tekanan darah, berat badan, kesehatan mata, kesehatan telinga, dan mulut.

Ibu Rusminah, S. Pd. I mengatakan pemeriksaan kesehatan ini sangat baik bagi siswa untuk melakukan penanganan sejak dini.  Apabila ditemukan ada penyakit yang dapat mengganggu proses belajar maka akan dapat dilakukan penanganan lebih lanjut sesuai dengan jenis penyakitnya.

Setelah melakukan pemeriksaan, keluhan kesehatan mata merupakan masalah kesehatan yang banyak dialami siswa. Mata perih, kering dan kabur merupakan efek dari terlalu lama menggunakan SmartPhone. Diagnosa sementara ini merupakan hasil dari wawancara dari kebiasaan siswa/i di rumah, menurut Ibu Mahdalena, S. Kep.

Hasil ini masih diagnosa sementara, namun hasil pemeriksaan sebenarnya akan kami berikan kepada pihak sekolah untuk memastikan penyababnya, karena banyak faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan mata terutama faktor makanan, tambanya.

Selain penyakit mata, tenaga kesehatan Ipuh juga mendiagnosa gejala penyakit paru-paru yang diderita oleh beberapa siswa MAN 1 Mukomuko. Penyakit ini baru gejala, namun jika mencoba merokok akan menyebabkan penyakit yang lebih parah.

“Penyakit paru-paru yang disebabkan oleh rokok tidak hanya dialami oleh perokok saja, namun juga dapat menimpa mereka yang tidak merokok tetapi berada dilingkungan perokok disebut perkok pasif, Oleh karena itu, siswa-siswi MAN 1 Mukomuko harus menghindari asap rokok baik secara langsung maupun tidak langsung” terang Ibu Mahdalena, S. Kep saat memberikan pembinaan tentang kesehatan di ruang UKS MAN 1 Mukomuko.

Beberapa gejala penyakit yang ditemukan petugas kesehatan Puskesmas Ipuh baru hasil diagnose, namun hasil pastinya akan disampaikan setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut setelah pemeriksaan di Pukesmas. (J88)

Bagikan :