Upaya Tingkatkan Disiplin dan Kerapian, Guru dan Staf MTsN 2 Mukomuko Tampil Perdana Memakai Dasi

Upaya Tingkatkan Disiplin dan Kerapian, Guru dan Staf MTsN 2 Mukomuko Tampil Perdana Memakai Dasi

Mukomuko (Inmas) -- Dalam rangka meningkatkan disiplin dan kerapian para guru dan staf tata usaha di lingkungan kerja MTsN 2 Mukomuko, Muhsinun, M.Pd.I, dalam rapat yang digelar Sabtu (07/10) lalu mengimbau anggotanya untuk mengenakan seragam kemeja putih berdasi.

Hal itu disampaikan setelah sebelumnya ada instruksi langsung dari Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Mukomuko dalam rakor bulan Oktober 2017 yang menginstruksikan Ka. Madrasah, Ka. KUA dan Para Kasi di lingkungan Kan. Kemenag untuk menggunkan dasi pada hari senin.

Selanjutnya Kepala MTsN 2 Mukomuko mengajak seluruh Guru dan Pegawainya di MTsN 2 Mukomuko untuk ikut mengenakan dasi pada hari Senin.

 Aturan memakai seragam kemeja putih hitam itu hanya diwajibkan selama dua hari, yaitu hari Senin dan Rabu. Sedangkan yang dianjurkan lengkap dengan dasi hanya hari Senin saja.

Lounching perdana penggunaan dasi yang seyogyanya dilaksanakan pada hari Senin tanggal 9 Oktober 2017 saat upacara Bendera terpaksa di alihkan di ruang Guru karena pada saat itu turun hujan begitu deras sehingga Upacara Bendera hanya menaikkan Bendera merah putih dan Siswa-Siswi langsung masuk ruang kelas belajar sesuai jadwal masing-masing.

Menanggapi atas himbauan tersebut, maka pada hari Senin (09/10) pihak madrasah mulai menerapkan aturan tersebut. Ini adalah kali pertama baik para guru maupun staf tata usaha memakai dasi.

 Meskipun aturan itu tergolong baru dan membuat sebagian guru merasa belum terbiasa, namun mereka tetap berusaha tampil percaya diri.

Drs. Sholeh, guru senior madrasah, mengaku sempat bingung memadu-padankan corak dasi dengan kemeja putih yang dikenakannya, Ia juga mengungkapkan merasa sedikit canggung karena sudah lama tidak memakai dasi. Namun, hal itu tidak membuatnya enggan untuk mengikuti aturan yang sudah ditetapkan.

Seperti diketahui, aturan berseragam yang sudah diterapkan di MTsN 2 Mukomuko yaitu kemeja putih lengan panjang dan celana hitam (gelap) untuk hari Senin dan Rabu. Seragam pemda untuk hari Selasa, seragam batik untuk hari Kamis. Sedangkan hariJum’at pakaian (batik) islami dan Sabtu pakaian olahraga.

Memang tidak bias dipungkiri, kerapian dalam berpakaian sangat diperlukan untuk menunjang lingkungan yang nyaman dalam bekerja. Selain itu, kesadaran berbusana sopan dan rapi yang ditampilkan oleh guru maupun staf juga akan menjadi contoh yang baik bagi peserta didik. (tisna)

Bagikan :