Kepala Kua Dan Camat Put Adakan Evaluasi Kegiatan MTQ

Kepala Kua Dan Camat Put Adakan Evaluasi Kegiatan MTQ

Rejang Lebong (Inmas) -- Bertempat di Aula KUA Padang Ulak Tanding Kabupaten Rejang Lebong,  Rabu 04/10/2017, KUA PUT bekerja sama dengan Camat kecamatan PUT mengadakan pertemuan kepada seluruh imam di kecamatan PUT, guna membahas tentang Evaluasi kegiatan MTQ tingkat kecamatan dan kabupaten Rejang Lebong.
Menilik dari hasil MTQ ditingkat kecamatan dan kabupaten Rejang Lebong tahun 2017 prestasi  Qori’ Qori’ah yang ada di PUT bisa dibilang sedikit menurun dari tahun tahun sebelumnya. Hal tersebut dilihat dari hasil MTQ tingkat Kabupaten Rejang Lebong, hanya 5 Qori’Qori’ah saja yang mendapatkan juara. Yaitu cabang Tilawah anak-anak Putra, Tartil Putri, Syarhil Qur’an dan Tilawah Dewasa Putri.
Kepala KUA PUT, Taufik S.Pd.I menjelaskan melihat hasil MTQ tingkat kecamatan PUT beberapa waktu yang lalu, pada dasarnya anak anak TPA/TPQ  di setiap desa di kecamatan PUT ini memiliki bakat atau kemampuan dalam membaca Al-Qur’an (Tilawah). Hanya saja karena kurangnya pembinaan dalam bidang Tilawah Al-Qur’an sehingga membuat pengetahuan Qori’Qori’ah hanya sebatas itu itu saja.
Untuk itu perlu diadakannya pembinaan Tilawah. Qori’ Qori’ah terlebih dahulu diajarkan rumus lagu dari dasar dengan menggunakan tajwid dan makharijul khuruf yang benar. Dilanjutkan dengan bacaan Al-Qur'an dengan Tilwah / Lagu. Siswa diajarkan secara bertahap lagu, Bayyati, setelah mahir pindah lagu shoba , hijaz, Nahwan, Ras dan jiharkah.
Kegiatan pembinaan Tilawah ini akan dimulai pada pertengahan bulan oktober ini setiap hari selasa untuk tingkat anak anak dan rabu untuk tingkat remaja dan dewasa pada pukul 09.00-13.00 WIB. Kegiatan dilaksanakan di Aula KUA PUT, dan dibimbing oleh anggota PAI yaitu Rodiyani Nasution, dan Elvira Rosa Nasution.
Camat Kecamatan PUT yang diwakilkan dengan Kasi Kesra kecamatan PUT Firdaus, S.Hut  menyampaikan “kami menyambut baik kegiatan ini. Semoga dengan diadakannya kegiatan pembinaan Tilawah ini, dapat melahirkan Qori’ Qoriah yang handal. Sehingga dapat mengharumkan nama baik kecamatan PUT ini. ”

 

Bagikan :