Ketua DWP : Jangan Ada Yang Tidak Memeriksakan Diri Melalui IVA Tes dan Sadanis

Ketua DWP : Jangan Ada Yang Tidak Memeriksakan Diri Melalui IVA Tes dan Sadanis

Bengkulu (Inmas) – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu mengadakan Sosialisasi dan Pemeriksaan Dini Kanker Serviks dan Payudara Melalui IVA Tes dan Sadanis di Aula Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Rabu (04/10). Kegiatan yang dihadiri oleh perwakilan Dharma Wanita disetiap kabupaten di Kota Bengkulu ini, berlangsung pada sehari penuh yang dibuka oleh Ka. Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Drs. H. Bustasar, Ms. M.Pd sebagai Pembina DWP Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu.

Ketua DWP, Sukmawati Bustasar dalam sambutannya berpesan untuk seluruh Dharma Wanita dan ibu-ibu karyawati Kanwil jangan ada alasan untuk tidak memeriksakan diri melalui IVA Tes dan Sadanis. ”Kita sudah siapkan tenaga kesehatan, alat dan tempatnya” tegasnya. Sukmawati Bustasar pun berpendapat bahwa pemeriksaan ini sangat penting dilakukan untuk mengetahui dan mencegah sedari dini, karena penyakit Kanker Serviks dan Kanker Payudara sangatlah berbahaya.

Ia menyampaikan bahwa “acara ini dilaksanakan diseluruh Provinsi di Indonesia, kemarin pada tanggal 03 Oktober telah dilaksanakan di DI Yogyakarta dan dilanjutkan oleh provinsi lain” lanjutnya.

Sementara Dr. RA. Yenni Warningsih, Kepala Puskesmas Pasar Ikan Kota Bengkulu  yang menjadi narasumber dalam acara tersebut berpesan “Pemeriksaan ini harus rutin dilakukan, karena Kanker serviks dan kanker payudara adalah pembunuh perempuan nomor satu di dunia”.

Setelah sosialisasi selesai dilaksanakan, dilanjutkan dengan pemeriksaan IVA Tes dan Sadanis oleh Dr. RA. Yenni Warningsih dan tim nya di ruangan Sekretariat Dharma Wanita. Ibu-ibu Dharma Wanita mengantre untuk menjalankan serangkaian tes di dalam ruangan tersebut.

Selain itu Dr. RA. Yenni Warningsih berharap untuk ibu-ibu yang sudah mempunyai anak gadis dirumah untuk mengajarkan Tes Sadari agar mengetahui gejala kanker payudara sedari dini dan dapat melakukan tindakan segera.(Upi)

Bagikan :