Kepala KUA Kota Padang RL: Pelajar Islam Harus Paham al-Qur’an

Kepala KUA Kota Padang RL: Pelajar Islam Harus Paham al-Qur’an

Rejang Lebong (Inmas) -- Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kota Padang Kabupaten Rejang Lebong (RL), Bulkis, S.Th.I., MHI mengatakan bahwa pelajar Islam harus memahami al-Qur’an beserta kandungannya. Hal ini disampaikan oleh Bulkis, S.Th.I., MHI ketika melatih peserta Musabaqah Fahmil Qur’an (MFQ) pada hari Minggu (24/09) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Curup.

Menurut Kepala KUA Kota Padang pelajar Islam tidak hanya dituntut menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Tetapi juga menguasai ilmu-ilmu al-Qur’an. Sebab al-Qur’an juga mengandung isyarat-isyarat ilmiah yang apabila digali, akan memberikan manusia pengetahuan tentang semesta. Bukankah al-Qur’an berbicara tentang penciptaan alam semesta, manusia, dan lain sebagainya?

MFQ merupakan salah satu cabang yang dilombakan pada MTQ dari tingkat kecamatan hingga nasional. Soal MFQ biasanya terdiri dari pengetahuan umum dan pengetahuan agama. Karena itu, peserta MFQ harus memiliki wawasan yang luas.

Berdasarkan pantauan Humas KUA Kota Padang, setiap kecamatan mengutus dua tim MFQ, yaitu pria dan wanita. Masing-masing tim terdiri dari tiga orang. Pada MFQ, soal dibagi menjadi dua macam, paket dan rebutan. MFQ juga terdiri dari babak penyisihan, semi final, dan final. Tim yang memperoleh nilai tertinggi akan menjadi juara. MFQ merupakan lomba paling meriah. Karena nilai peserta langsung bisa diketahui saat lomba berlangsung. Diharapkan dengan digelarnya MFQ semakin memacu semangat para pelajar untuk menambah khazanah keilmuan. (Chandra)

Bagikan :